MIRACLE


BAB1: SEMPURNA
 


BAB1
SEMPURNA 
Selamat datang di kehidupan yang penuh kemudahan dan keajaiban 

Apakah Anda sudah menyadari bahwa Anda itu sempurna? Apakah Anda sudah menyadari bahwa semua sudah lengkap di dalam diri Anda? Abaikan dulu pertanyaan saya ini jika Anda masih belum menemukan jawabannya. Teruskan saja membacanya.

Semua makhluk yang di ciptakan oleh Tuhan itu sempurna, namun hanya manusia saja makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Ini yang jelas Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna adalah bukan tanpa alasan, bukan tanpa sebab. Banyak yang belum tahu tentang hal ini, banyak yang belum memahami tentang kenapa menusia di ciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk yang paling sempurna. Dan dimana letak kesempurnaannya. 

Sebenarnya manusia itu pasti bisa menemukan jawabannya kalau mau mencari tahu apa sebenarnya maksud dan tujuan Tuhan menciptakan manusia sebagaai makhluk yang paling sempurna. Apakah penting mengetahui kesempurnaan manusia??? Sangat penting untuk di ketahui, ibarat handphone, sebuah perusahaan telah menciptakan sebuah produk yang bernama handphone, Anda sebagai seorang konsumen telah mengetahui maksud dan tujuan sebuah perusahaan menciptakan handphone. Dengan begitu Anda bisa senang hati untuk membeli sebuah handphone dan memaksimalkan untuk kemudahan Anda dalam berkomunikasi. Kenapa Anda bisa memaksimalkan kinerja handphone Anda? Karena Anda sudah tahu semua tentang fitur-fitur yang ada di handphone Anda. 

Begitu juga dengan diri Anda, kenapa diri Anda itu sempurna dari pada makhluk Tuhan yang lain? Ini harus Anda ketahui agar Anda bisa memaksimalkan potensi yang sudah ada lengkap di dalam diri Anda dan tidak menyia-nyiakannya. Sampai Tuhan menegaskan “iqro’ ” artinya: bacalah…. Bacalah disini maksud Tuhan adalah Anda sebagai manusia di suruh Tuhan untuk mau merenung, mempelajari, memahami semua apa yang sudah ada di dalam diri Anda dan apa yang sudah ada di sekitar Anda (bersyukur). 

KESEMPURNAAN MANUSIA. 
Yang sangat membedakan kesempurnaan manusia dengan makhluk Tuhan yang lain adalah manusia itu di anugrahi sebuah pikiran oleh Tuhan, sedang makhluk Tuhan yang lain itu tidak. 

Sebenarnya materi bahwa manusia itu memiliki pikiran, adalah materi yang telah usang atau bisa di katakan sebuah materi yang kuno. Diluaran sana Anda bisa mendapatkan materi tentang manusia itu memiliki pikiran. Namun yang saya mau sampaikan disini adalah hanya sedikit orang yang sudah mengetahui dan benar-benar memahami kenapa manusia itu di anugerahi sebuah pikiran oleh Tuhan. 

Perlu Anda ketahui kenapa Tuhan menganugrahi sebuah pikiran kepada Anda, maksud dan tujuan Tuhan menganugerahi Anda sebuah pikiran adalah agar hidup Anda itu lebih mudah dan selalu di selimuti dengan keajaiban. Jadi pikiran ini adalah sebuah alat yang Tuhan ciptakan untuk mempermudah hidup Anda. 

Tapi kenapa jika Tuhan menciptakan pikiran kepada manusia untuk mempermudah hidup tapi kebanyakan kehidupan manusia itu masih sulit? Itu di karenakan kesalahan manusia itu sendiri, karena kekeliruan manusia itu sendiri, karena tidak mau mengenali potensi dahsyat pikirannya. Kalau manusia itu sudah tahu atas potensi pikiranya maka hidupnya pasti selalu dalam kemudahan dan keajaiban. Saya sudah merasakannya, yaitu hidup selalu dalam kemudahan dan keajaiban. 

Maka sangat penting untuk mengetahui dan memahami atas potensi pikiran Anda, agar Anda bisa memaksimalkannya sehinggga hidup Anda selalu dalam kemudahan dan keajaiban. Jadi jangan sia-siakan anugerah Tuhan yang satu ini. 

Dengan Anda menyadari bahwa Anda itu sempurnya Anda bisa mempunyai kepercayan diri yang begitu luarbiasa. Sebenarnya sejak kecil setiap manusia yang terlahir di dunia ini sudah memiliki kepercayan diri yang luarbiasa. Anda bisa lihat anak kecil, anak kecil begitu berani mengekspresikan dengan total apapun yang dia mau. Ketika dia mulai belajar berdiri dan berjalan, walaupun terjatuh beberapa kali tapi dia sangat berani untuk mencoba dan mencoba lagi berdiri dan belajar untuk jalan lagi. Dia tidak memperdulikan dunia sekitarnya. Terus saja berdiri dan mencoba berjalan lagi dan lagi. 

Namun ketika anak kecil itu bertumbuh dewasa pelan tapi terasa pasti kepercayaan dirinya mulai terkikis habis oleh lingkungan-lingkungan di sekitarnya yang tidak bertanggung jawab. Jangan mimpi yang tinggi-tinggi nanti jatuh sakit…. Manusia itu tidak sempurna…. Manuaia tempat salah dan lupa…. Hidup itu harus relistis jangan aneh-aneh…. Dan masih banyak lagi jargon-jargon di sekitar yang bisa mengikis kepercayaan diri, sehingga anak kecil yang bertumbuh dewasa ini punya kepercayaan baru yaitu dia tidak sempurna… dia lemah…. dia tidak bisa... 

Ketika sudah memiliki kepercayaan baru yaitu manusia itu tidak sempurna maka manusia itu enggan merenung, enggan mengenali dirinya secara utuh, enggan memaksimalkan potensi yang ada di dalam dirinya. Seakan-akan kesempurnaan dirinya tertutup oleh dinding yang sangat tebal, sehingga dia merasa takut untuk berbuat sesuatu, maresa tidak berdaya untuk menciptakan kehidupan yang lebih bermakna. 

Tak heran jika manusia di dunia ini sebagian besar menjadi budak orang lain, menjadi boneka orang lain. Yang saya maksud menjadi budak orang lain, menjadi boneka orang lain itu adalah kehidupan banyak orang itu bergantung kepada orang lain. Untuk berkaya menjadi diri sendiri tidak punya keberanian. 

Lihatlah orang sukses di sekitar Anda, lihatlah orang yang paling sukses di dunia, mereka sukses bukan berhasil mengungguli orang lain, tapi mereka sukses karena sangat berani menjadi dirinya sendiri dan berani menciptakan sebuah karya yang di kagumi oleh banyak orang di dunia ini. Kenapa dia berani? Karena dia sadar bahwa dirinya itu sempurna. Karena dia tahu potensi yang luarbiasa di dalam dirinya. Sehingga dia bisa memaksimalakan semua potensi yang ada di dalam dirinya. Pertanyaannya sekarang, bagaimana dengan Anda? 

“Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.” (QS AL BAQARAH: 266) 

Tuhan sendiri mengatakan bahwa Dia tidak mau merubah nasip manusia, karena manusia itu sudah di beri anugerah sebuah pikiran yang kekuatannya sunggguh luarbiasa. Hidup Anda tergantung Anda sendiri. Nasib Anda tergantung diri Anda sendiri. Dengan pikiranlah Anda bisa merubah hidup Anda. Dengan pikiranlah Anda bisa merubah nasib Anda sendiri. Jadi jika nasib Anda tidak kunjung berubah, jangan menyalahkan orang lain bahkan sampai menyalahkan Tuhan. Sadari semaunya karena diri Anda sendiri. 

Rasanya saya mau menepuk pundak Anda, bagi Anda yang sampai detik ini masih mengeluhkan tentang nasib Anda, agar Anda segera sadar bahwa Anda itu sempurna, Anda itu memiliki potensi yang luarbiasa yang seharusnya Anda maksimalkan dengan sebaik-baiknya. Dan dengan kesempurnaan yang Anda miliki, maka Anda bisa mengubah nasib Anda, karena Anda telah di beri hak kuasa oleh Tuhan untuk mengubah nasib Anda sendiri, untuk mengatur kehidupan Anda sendiri. 

KEAJAIBAN. 
Sering orang mengucapkan kata Ajaib ataupun Keajiban, tapi orang kadang masih belum menyadari apa itu makna keajaiban, karena jika orang mau merenung apa itu keajaiban maka orang bisa melihat kekuatan yang ada pada dirinya yang selalu saja terhubung dengan kebesaran Tuhan. 

Jika Anda mencari arti tentang keajaiban di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka Anda bisa menemukan arti keajaiban itu adalah keganjilan, keanehan. Jadi kalau mau di jabarkan keajaiban adalah keanehan atau keganjilan yang terjadi di sekitar kita baik terjadi di hewan, tumbuhan ataupun pada manusia yang biasanya membuat diri kita takjub dengan terjadinya hal tersebut. Dan perlu Anda ketahui keajaiban adalah anugrah dari Tuhan yang diberikan kepada mahluknya dan seluruh ciptaan-Nya. Sebagai tanda-tanda kebesaran Tuhan. 

Sebenarnya jika Anda mau menyadari, setiap hari Anda itu sudah mengalami suatu keajaiban. Seperti Anda hidup bisa bernapas itu merupakan suatu keajaiban, Anda bisa melihat itu juga merupakan suatu keajaiban. Dan semua yang bisa Anda dapatkan dengan mudah itu adalah suatu keajaiban. 

Saya beri kabar gembira buat Anda bahwa semua yang Anda mau itu bisa Anda dapatkan dengan mudah atau bisa Anda dapatkan secara ajaib. Berarti saya sebagai manusia itu bisa menciptakan keajaiban? Sangat bisa. Yaitu dengan pikiran Anda. Lo keajaiban itu bukannya Tuhan yang menciptakan? Semua isi alam semesta ini adalah Tuhan yang menciptakan termasuk keajaiban itu sendiri. Tapi Anda sebagai manusia sudah diberi sebuah alat untuk meminta, merequest keajaiban kepada Tuhan. Alat untuk meminta atau merequest keajaiban itu adalah pikiran Anda. Dan Tuhan selalu mengabulkan semua permintaan kepada semua orang yang mau meminta kepada-NYA. Inilah yang saya maksud Anda sebagai manusia bisa menciptakan keajaiban. 

Memang saya akui kalau membicarakan tentang keajaiban di tengah-tengah masyarakat itu terlihat rikuh, atau sesuatu yang tabu dan aneh. Karena kebanyakan orang masih beranggapan keajaiban itu tidak ada, sebagian orang percaya bahwa keajaiban itu ada tapi tidak bisa di minta. Tidak bisa di ciptakan dengan sengaja. Orang yang berpendapat seperti itu karena dia belum mengetahui potensi yang ada pada dirinya. 

Untuk menciptakan keajaiban, Anda harus keluar dari jalan atau cara Anda sendiri. Kata lain Anda percayakan saja kepada kecerdasan Sang Maha Kuasa. Jika Anda percaya kepada kecerdasan Sang Maha Kuasa, Anda bisa menemukan bahwa Anda dapat menciptakan keajaiban lebih banyak lagi..lagi dan lagi. 

Katakanlah Anda mau menyembuhkan penyakit Anda sendiri. Atau mungkin Anda pengangguran dan membutuhkan pekerjaan. Anda saat ini sedang membutuhkan sejumlah uang. Mungkin Anda mau keluarga Anda harmonis. Jika Anda mau menciptakan keajaiban untuk apapun itu, selalu gunakan pikiran Anda untuk bisa langsung terhubung dengan kecerdasan Sang Maha Kuasa. Dan tidak usah Anda mencari tahu bagaimana keajaiban itu bisa terjadi kepada Anda. Jika Anda mencari tahu bagaimana mekanisme keajaiban itu terjadi, itu sama hal nya Anda menghalangi kecerdasan Sang Maha Kuasa bekerja untuk Anda. 

Tugas Anda hanyalah meminta kepada Tuhan, bagaimana permintaan Anda itu bisa terwujud, bagaimana caranya permintaan Anda itu bisa menjadi kenyataan, bukan urusan Anda. Itu semua sudah bukan wilayah Anda. Jangan pernah mencampuri urusan yang sudah bukan menjadi wilayah Anda. Jika Anda mencampurinya maka yang namanya keajaiban itu tidak bisa Anda dapatkan. Keajaiban itu malah menjauhi Anda jika Anda mencampuri urusan yang sudah bukan menjadi wilayah Anda, berarti menjadi manusia pemalas dong? 

Tuhan kan juga sudah menyuruh untuk selalu berusaha dan berdoa? Memang ada kesalahpahaman yang sudah berlangsung selama berabad-abad disini mengenai pemalas. Orang yang tidak mau berusaha secara fisik itu sudah disebut sebagai seoarang pemalas, padahal berusaha itu tidak harus bergerak, berusaha itu tidak harus menggunakan fisik, menggunakan pikiran, meminta, berdoa kepada Tuhan dan selalu berusaha berprasangka baik, selalu berpikir baik itu juga sudah termasuk berusaha. Jadi tidak ada yang menyalahi aturan disini, Tuhan sendiripun juga sudah mengatakan untuk menyerahkan semuanya hanya kepada-NYA setelah Anda berusaha (berpikir) dan berdoa. 

Banyak orang yang belum menyadari hal ini, dia berusaha mencari cara atau jalan sendiri untuk mendapatkan segala sesuatu yang dia mau, sampai tersesat ke belantara kehidupan dan mengalami banyak sekali kegagalan di dalam kehidupannya, ahirnya muncullah jargon-jargon seperti “kegagalan adalah awal dari keberhasilan”, “semakin banyak gagal maka seamakin dekat dengan kesuksesan”. 

Hati-hati jika Anda menemukan jargon-jargon seperti diatas, sepertinya memang terlihat baik jargon-jargon diatas, tapi jargon-jargon ini bisa membuat Anda sering mengalami kegagalan. Seakan-akan hidup itu harus gagal dulu baru sukses....hhhmmmm..... Padahal jika meraka tahu dan juga Anda mau menyadarinya bahwa tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada hanyalah pengetahuan baru yang bisa membuat Anda semakin lebih baik. 

Hidup Anda bisa semakin baik dan semakin mudah, hidup selalu dalam keajaiban jika Anda tidak mencampuri urusan Tuhan untuk mewujudkan semua yang Anda mau. Cara pasti di buatkan untuk Anda, jalan pasti di bukakan untuk Anda, itu janji Tuhan sendiri. Maka selalulah sadar, jika cara dan jalan itu sudah di tunjukkan kepada Anda, segera eksekusi cara itu, segera eksekusi jalan itu. Inilah yang saya maksud menciptakan kemudahan dan keajaiban di dalam hidup ini. 

“Cara dan jalan Tuhan itu pasti lebih cepat dan lebih mudah, maka pakailah, gunakanlah cara dan jalan Tuhan itu, agar hidup Anda sealalu di selimuti kemudahan dan keajaiban.
BAB2: SEMUA KARENA DIRIMU
 
BAB2
TIDAK ADA YANG NAMANYA KEBETULAN 

Apakah Anda masih beranggapan bahwa semua yang Anda alami, apapun kejadian yang datang kedalam hidup Anda itu adalah suatu kebetulan? Sadari sepenuhnya bahwa semua peristiwa atau semua kejadian yang datang ke dalam hidup Anda itu tidak ada yang kebetulan. Semua karena permintaan Anda sendiri. Semua karena diri Anda sendiri. Mungkin ini sulit Anda terima, tapi ini adalah suatu yang benar.

Baru-baru ini saya mau pergi ke jogja bersama istri dan anak saya dengan naik bus sambil menikmati perjalanan. Saya tahu pada hari itu adalah hari libur sekolah sehingga penumpang bus bisa di katakan sangat penuh. Kok bisa saya katakan penuh, karena teman saya pada hari itu mau pergi ke jogja juga dengan naik bus, setelah teman saya ini memesan kursi sang kondektur bus bilang bahwa kursinya sudah penuh. 

Saya sendiri pun pada waktu itu maunya pergi ke jogja naik bus dengan duduk di kursi bus deretan sebelah kiri no 2 dari depan. Kemudian saya melakukan hal yang sama seperti teman saya tadi yaitu menelpon sang kondektur bus (bus yang sama) untuk memesan kursi pada hari yang sama, eh seperti kebetulan saja kursi masih tersedia di deretan sebelah kiri no 2 dari depan sama seperti yang saya mau, ajaib. 

Apa yang saya alami ini adalah sebuah contoh kejaiban yang tidak kebetulan… karena diawal saya sudah meminta atau mau pergi ke jogja naik bus dengan duduk di kursi deretan no 2 dari depan, dan terjadi. Dan masih banyak contoh dalam hidup ini yang rasanya serba kebetulan. Padahal tidak ada yang namanya kebetulan. 

Dulu saya sangat mau sekali untuk sukses. Berbagai buku pengembangan diri sudah saya baca, bebagai CD audio, video motivasi sudah saya dengar dan saya lihat, berbagai seminar motivasi sudah saya ikuti, sampai konsultasi langsung secara inten kepada para motivator. Apa yang dikatakan mereka? “terus lakukan, jangan menyerah, jangan putus asa, ini proses yang harus kamu jalani, kamu harus lebih kerja keras karena kesuksesan tidak akan pernah kamu dapatkan tanpa kerja keras… semangat… semangat…!!!.”. Anda kenal kalimat motivasi-motivasi ini? 

Saya sudah melakukan berbagai cara untuk sukses, apapun yang di katakan para motivator saya lakukan, namun apa yang terjadi, saya merasa kesuksesan malah menjauh dari saya. Saya tidak menyesal dan saya tidak menyalahkan buku, VCD, seminar motivasi dan para motivator apapun yang pernah di sampaikan kepada saya, namun saya merasa ada yang kurang tepat dari semua yang telah saya pelajari dulu. Apakah Anda pernah mengalami hal serupa dengan saya, atau belum pernah? Kalau belum pernah saya ucapkan selamat. 

Sekarang Anda bisa bernapas lega… Anda sekarang bisa sukses seperti yang Anda mau dengan mudah. Saya uraikan bagaimana bisa sukses dengan begitu mudah dan cepat dan secara ajaib disini. Semua isi materi buku ini adalah hasil dari pengalaman saya selama bertahun-tahun, dan bukan teori belaka. 

Mungkin Anda bertanya, terus bagaimana dengan sukses atau gagal itu juga tidak kebetulan? Pembaca yang baik, sekali lagi saya sampaikan tidak ada yang namanya kebetulan di dunia ini dan di alam semesta ini. Segala sesuatu itu terjadi karena adanya suatu sebab, atau perencanaan. Istilah “kebetulan” sering di gunakan hanya untuk menjelaskan fenomena atau kejadian yang kita alami dalam hidup kita, yang tidak bisa di jelaskan secara rasional, karena kita tidak tahu mekanismenya. Semua “kebetulan” di dunia ini diatur oleh suatu hukum “sebab-akibat”, karena hukum sebab akibat ini kerjanya tidak terlihat maka sering orang mengatakan ini sebuah kebetulan. Yang benar adalah sebuah keajaiban yang tidak kebetulan. 

Lalu bagaimana untuk menjelaskan “kebetulan” ini secara ilmiah? Tadi saya menyinggung mengenai hukum sebab-akibat. Kemudian apa hubungannya dengan berbagai kebetulan-kebetulan diatas? 

Hukum sebab-akibat berbunyi “Suatu sebab yang spesifik bisa mengakibatkan munculnya suaatu akibat yang spesifik pula dan sejalan dengan sebab tersebut”, atau “Ada sebab pasti ada akibat”. 

Jika suatu kebetulan itu adalah akibat, lalu apa yang menjadi sebab untuk memicu munculnya suatu kebetulan tersebut? Yang memicu terjadinya akibat itu adalah diri Anda sendiri, lebih tepatnya pikiran Anda sendiri. Untuk bisa memahami ini semua Anda harus membaca semua isi buku ini dan merenungkannya, maka Anda bisa menyadarinya bahwa semua berawal dari pikiran Anda.
BAB3: OTAK DAN PIKIRAN
 
BAB3 
OTAK DAN PIKIRAN 

Perlu Anda ketahui ini adalah bagian dasar yang harus Anda pahami dengan benar. Karena dengan Anda memahami dan mengerti bagian ini, Anda bisa dengan mudah mempraktekkan materi pelatihan di bab-bab selanjutnya. 

Perlu di pahami otak dan pikiran jelas dua hal yang berbeda, karena adanya istilah Brain dan Mind. Bahkan sering orang mengatakan ada otak ya ada pikiran, ada pikiran ya ada otak. Dua kata ini adalah dua sejoli yang tak pernah terpisahkan, namun ada sebagian orang yang belum memahami perbedaan antara otak dan pikiran ini. 

1. Otak. 
Dimanakah letak otak itu? Organ tubuh ini terletak didalam kepala kita. Roger Wolcott Sperry adalah sosok yang amat populer dalam studi tentang otak di tahun 1960an. Sperry lahir di Hartford pada tanggal 20 Agustus 1913. Ia adalah neuropsikolog yang pertama kali menemukan bahwa secara fungsi mental kecerdasan otak manusia terdiri atas dua bagian. Yaitu otak kiri dan otak kanan, seperti Anda lihat pada gambar dibawah ini. 


Hasil penelitian tersebut akhirnya memberikan temuan baru dalam bidang fisioterapi dan kedokteran tentang teori otak kiri dan otak kanan seperti yang kita kenal sekarang ini. Dalam penelitiannya, Sperry juga mengetahui bahwa masing-masing bagian otak memiliki fungsi mental yang berbeda. Otak kiri berfungsi memproses informasi berupa kata, angka, logika, analisis, daftar urut, dan hitung-hitungan, sedangkan otak kanan memproses informasi berupa perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi sesama manusia dan pengendalian emosi (perasaan). Pada otak kanan terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan jenis kegiatan kreatif lainnya. 

Otak bagian kiri mengontrol motorik anggota tubuh bagian kanan, dan begitupun sebaliknya, otak kanan mengontrol sifatshort term memory (memori jangka pendek), sedangkan otak kanan memiliki sifat long term memory (memori jangka panjang). 

Itulah penjelasannya mengapa kita sering mampu mengingat wajah dan lupa nama orang. Wajah berupa gambar yang diproses oleh otak kanan yang sifat memorinya jangka panjang, sedangkan nama atau tulisan diproses otak kiri kita yang sifat memorinya jangka pendek. 

Penelitian ini pun memberikan satu kesimpulan bahwa otak kita tidak ada yang menganggur. Semuanya berfungsi secara normal dalam keadaan apapun. Istilah dominan otak kanan atau otak kiri hanyalah sebuah penjelasan tentang kecenderungan orang dalam menggunakan otak. 

Penelitian Roger W. Sperry merupakan dasar dari pembelajaran berbasis otak, yaitu strategi atau teknik belajar yang menyelaraskan kedua belah otak dengan menggunakan warna, gambar, imajinasi, irama, dan lain-lain. Karena otak ini adalah suatu benda yang terlihat dan menyimpan berbagai memori kehidupan maka otak ini saya ibaratkan seperti sebuah harddisk computer 

Gambar Harddisk komputer 

Jadi otak saya dan otak Anda adalah benda fisik yang terlihat memiliki dua bagian yang berbeda fungsinya. 

2. Pikiran. 
Pikiran adalah benda yang secara fisik tidak bisa dilihat. Maka saya mengibaratkan pikiran ini seperti software atau memori yang berada di dalam harddisk computer atau sebagai isi dari otak. Bisa dilihat secara jelas disini apa perbedaan otak dengan pikiran, otak adalah suatu benda yang bisa dilihat oleh indra penglihatan (mata fisik), sedang pikiran suatu benda yang tidak bisa di lihat oleh indra penglihatan tapi pikiran ini ada. Masih bingung??? 

Saya beri contoh, Saya punya harddisk komputer, saya tanya kepada Anda apa isi harddisk computer saya? Mungkin Anda menjawab ada memori atau software atau program di dalam harddisk saya. Terus program apa saja yang ada di dalam harddisk saya? Pasti Anda tidak tahu kan, Anda bisa tahu di dalam harddisk saya itu ada program apa saja jika Anda membuka harddisk itu melalui laptop atau komputer. Sama dengan pikiran, Anda tidak bisa pernah tahu apa isi dari pikiran-pikiran Anda, kalau Anda tidak secara sadar mengetahui apa saja yang Anda pikirkan. Tidak terlihat oleh indra penglihatan istilah kerennya gaib tapi dia ada. Itulah pikiran. 

Nah perlu Anda ketahui bahwa di dalam harddisk itu terdapat banyak memori yang terbagi menjadi beberapa bagian, pikiran manusiapun secara sadar sama, menurut funginya pikiran di bagi menjadi dua bagian, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Dan dua bagian pikiran ini sering sekali diilustrasikan seperti gunung es.


Jika Anda amati gambar diatas dari bembagiannya saja sudah berbeda dengan otak. Kalau otak pembagiannya sama antara kiri dan kanan sedangkan pikiran tidak sama antara bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas adalah pikiran sadar yang mempunyai komposisi 12%, sedang bagian bawah adalah pikiran bawah sadar komposisinya 88%. Dan menurut fungsinyapun juga berbeda antara pikiran sadar dengan pikiran bawah sadar. 

Mengenai pikiran ini saya menjelaskan lebih detail, karena semua hal mengenai persoalan seseorang bahkan keajaiban itu bersumber dari pikiran ini. Maka Anda harus bener-bener paham secara utuh mengenai pikiran ini. 

Baiklah, saya jelaskan dulu mengenai fungsi masing-masing pikiran. 

Fungsi pikiran sadar: 
Mengidentifikasi informasi yang masuk, melalui panca indra, penglihatan, penciuman, pendengaran, pencecap. Membandingkan, dengan data base (referensi, pengalaman, dan informasi di dalam pikiran bawah sadar) Menganalisis, merinci informasi sebagai komponen yang lebih kecil. Memutuskan respon atau tindakan yang diambil terhadap informasi yang masuk. 

Fungsi pikiran bawah sadar: 
Tidak bisa membedakan imajinasi dan kenyataan. Hanya mengenal kata positif, tidak mengenal kata negatif, seperti: tidak, jangan, dsb. Hanya mengenal kata sekarang atau saat ini (present tense), tidak mengenal kata besok atau lusa, contoh: “besok saya berhenti merokok”, yang benar “sekarang saya berhenti merokok”. Hanya mengenal kata “saya” atau “aku”, tidak mengenal kata kamu, kami, kita atau mereka. Pengulangan, katakanlah berulah-ulang sampai bawah sadar mengerti dan paham. 

Itulah fungsi dari pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, seperti yang saya jelaskan diatas komposisi pikiran sadar itu 12% sedang pikiran bawah sadar itu 88%. Lo kok lebih banyak pikiran bawah sadar komposisinya? Yang jelas Tuhan menyuruh kita untuk lebih memaksimalkan pikiran bawah sadar.  Tapi pada kenyataannya banyak orang dalam kehidupan sehari-hari lebih memaksimalkan pikiran sadar dari pada pikiran bawah sadar. 

Anda bisa amati sifat pikiran bawah sadar dibawah ini: 
  • Menguasai 2,3 juta bit informasi dalam suatu saat bersamaan 
  •  Intuitif dan menghubungkan 
  • Acak 
  • Merasa 
  • Pengalaman primer 
  • Tidur, mimpi, dll 
  • Gerakan tak sadar 
  • Menyimpan informasi atau memori 
  • Mengetahui solusi 
  • Membuat tujuan tercapai 
  • Otomatis 
  • Non verbal 
  • Sintetis 
  • Tak terbatas, dan ekspansif 
  • Eksperiensial 
  • Memproses langsung, sebelum pikiran bawah sadar menyadari 
Sifat pikiraan sadar: 
  • Menguasai 7+-2 bit informasi dalam suatu saat 
  • Berpikir berurutan 
  • Logis 
  • Linier 
  • Pengalaman sekunder 
  • Sadar 
  • Gerakan sadar 
  • Sadar hanya masa kini 
  • Mencoba mengerti masalah 
  • Memilihmengarahkan tujuan 
  • Disengaja 
  • Verbal 
  • Analitis 
  • Fokus terbatas 
  • Kognitif 
  • Memproses sekitar 0,5 detik setelah kejadian 
Setelah Anda mengetahui perbedaan sifat antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar tentunya sekarang Anda tahu dalam kehidupan sehari-hari Anda lebih dominan menggunakan pikiran yang mana. Survey membuktikan bahwa masih banyak orang lebih dominan menggunakan pikiran sadarnya dari pada pikiran bawah sadarnya. Bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan pikiran sadar, yang saya maksud disini adalah antara pikiran sadar dan bawah sadar harus seimbang sesuai dengan kebutuhan.. Potensi pikiran bawah sadar inilah suatu potensi yang sangat besar dan belum banyak di gunakan. 

Perlu Anda ketahui bahwa pikiran bawah sadar ini selalu bekerja aktif walaupun Anda sedang tidur sekalipun. Karena pikiran bawah sadar ini yang tugasnya mengontrol detak jantung kita, peredaran darah, pencernaan, dan mengatur semua system kerja tubuh kita. Pikiran bawah sadar juga mengontrol semua proses vital dan fungsi-fungsi tubuh kita dan mengetahui semua solusi dari semua persoalan kita. Masak sih pikiran bawah sadar bisa mengetahui semua solusi dari persoalan kita? Jawabannya ada di bab-bab selanjutnya, maka terus baca dan simak baik-baik ya. 


CRITICAL AREA 

Masih di bab otak dan pikiran, sekarang saya mau menjelaskan tentang critical area. Apasih critical area? Suatu jembatan atau pintu gerbang yang segala informasi nantinya menjadi sebuah program yang masuk di pikiran bawah sadar. Program itu meliputi pengalaman, perasaan, dan masukan panca indera yang berasal dari dunia luar dan dari tubuh yang diterima pikiran sadar pada suatu saat, dan termasuk hasil-hasil dari olah pikir itu sendiri, ditampung secara sementara di wilayah yang disebut dengan “critical area” atau “filter”. 

Di wilayah ini, segala informasi yang masuk itu diolah dan diproses oleh pikiran sadar, dan dibandingkan dengan segala informasi dari pikiran bawah sadar. Output dari wilayah kritis ini ada dua, yaitu “diterima” atau “ditolak”. Dari sini kita bisa mengerti, mengapa yang baik tidak selalu menjadi kebiasaan, dan yang buruk bisa sangat mudah menjadi kebiasaan. Semua itu sangat tergantung pada program atau data base yang sudah ada di pikiran bawah sadar. 

Wilayah kritis ini terbentuk sejak lahir sampai sekitar usia 8 tahun. Sebelum terbentuk, apapun yang masuk ke pikiran sadar cenderung diterima sebagaimana adanya dan langsung masuk permanen ke wilayah pikiran bawah sadar, menjadi pengalaman berjangka panjang, menjadi keyakinan dan kepercayaan. Walaupun keyakinan dan kepercayaan itu belum tentu baik dan benar. 

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membuka critical area ini? Saya tanya kepada Anda,“seperti apasih mobil sinom itu? Pasti Anda menjawab “tidak tahu”, benar kan. Karena ya memang tidak ada mobil sinom. Sebelum Anda menjawab tidak tahu pikiran sadar bekerja sama dengan pikiran bawah sadar yaitu mencari database di pikiran bawah sadar apakah ada mobil sinom itu, seperti apa mobil sinom itu. 

Setelah terbukti bahwa database mobil sinom itu tidak ada maka munculah kalimat “tidak ada” di pikiran Anda. Nah di saat pikiran sadar mencari database di pikiran bawah sadar pada waktu itulah critical area atau filter pikiran ini terbuka. Gimana kalau saya ganti pertanyaannya, rasanya buah jeruk itu bagaimana? saya percaya Anda tahu. Proses tahu ini sama seperti peristiwa mengenai mobil sinom tadi, tapi bedanya data (program pikiran) rasa buah jeruk itu sudah ada di pikiran Anda. 

Kesimpulannya adalah critical area atau filter ini selalu membuka dan menutup secara otomatis disaat kita berdialog dengan orang lain dan juga dengan diri sendiri. Dan bukan itu saja ketika Anda sedang nonton film, melihat gambar, mendengarkan audio, membaca buku, itu filter juga otomatis membuka dan menutup dengan sendirinya. Namun untuk membuka critical area ini secara sadar atau secara sengaja Anda bisa menggunakan teknis hypnosis atau pikiran Anda dalam kondisi alpha. 


GELOMBANG OTAK

Jaringan otak manusia hidup menghasilkan gelombang listrik (electromagnet) yang berfluktuasi (naik turun). Gelombang listrik (electromagnet) inilah disebut brainwave atau gelombang otak. Dalam satu waktu, otak manusia menghasilkan berbagai gelombang otak secara bersamaan. Empat gelombang otak yang diproduksi oleh otak manusia yaitu beta, alpha, tetha, delta. Tetapi selalu ada jenis gelombang otak yang paling dominan, yang menandakan aktivitas otak saat itu. 

Gelombang otak diukur dengan alat yang dinamakan Electro Encephalograph (EEG). EEG ditemukan pada tahun 1929 oleh psikiater Jerman, Hans Berger. Sampai saat ini, EEG adalah alat yang sering diandalkan para peneliti yang mau mengetahui aktivitas pikiran seseorang. 

Dulu sebelum alat EEG ini di temukan, gelombang otak sering dinggap mistik, misterius, menakutkan. Tapi sekarang bukan lagi suatu yang mistik, misterius dan menakutkan, karena gelombang otak terjadi sangat alamiah. 

Jadi jika ada orang sekarang ini masih menganggap bahwa gelombang otak itu mistik, misterius, menakutkan, kekutan jin berarti orang tersebut masih hidup di masa jahiliyah. Tapi saya percaya bahwa Anda hidup dimasa sekarang saat ini, dimasa yang penuh dengan perkembanagn teknologi yang luarbiasa. 

Dibawah ini adalah 4 gelombang otak: 
1.Beta, frekuensi 12 - 25 Hz. 
Dominan pada saat kita dalam kondisi terjaga, menjalani aktifitas sehari-hari yang menuntut logika atau analisa tinggi, misalnya mengerjakan soal matematika, berdebat, olah raga, dan memikirkan hal-hal yang rumit. Gelombang beta memungkinkan seseorang memikirkan sampai 9 obyek secara bersamaan. Orang yang cenderung berada di gelombang ini, bisa sering measa pusing, ,cemas, takut, dan stress. 

2.Alpha, frekuensi 8 - 12 Hz. 
Dominan pada saat tubuh dan pikiran rileks, fokus dan tetap waspada. Misalnya ketika kita sedang membaca, menulis, berdoa, beribadah, khusyu’ dan ketika kita fokus pada suatu obyek. Gelombang alpha berfungsi sebagai penghubung pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. 

3.Theta, frekuensi 4 - 8 Hz 
Dominan saat kita mengalami kondisi rileks yang amat dalam, meditasi dalam, hampir tertidur, atau tidur yang disertai mimpi. Frekuensi ini menandakan aktivitas pikiran bawah sadar. 

4.Delta, frekuensi 0,1 - 4 Hz. 
Dominan saat tidur lelap tanpa mimpi. Orang yang sedang dihipnotis tidak pernah berada di frekuensi ini. Orang di hipnotis itu berada di frekuensi sangat rileks, tenang, dan terfokus sesuatu hal. Kalau seseoarang dihipnotis berada di frekuensi ini mana mungkin orang tersebut bisa menerima intruksi dari seoarang yang menghipnotis. Orang yang di hipnotis itu cenderung berada di frekuensi alpha dan theta. 

Gelombang Elektromagnet. 
Pada abad 19 seiring kemajuan teknologi, ketika para ilmuan menginvestigasi benda-banda atom yang sangat kecil, terbukalah dunia baru yang dikenal sebagai teori kuantum atau fisika kuantum. Pakar kuantum meneliti apa sebenarnya yang terjadi ketika sebuah benda dibelah terus-menerus hingga ketingkat materi yang sangat kecil, dan materi kecil itu di belah lagi dengan alat pemecah atom sampai tak terlihat hingga berubah menjadi energi yang terhalus, dan energi terhalus itupun diusahakan dibelah lagi hingga seolah-olah lenyap menghilang. 

Benda padat merupakan kumpulan dari molekul. Sementara molekul berasal dari atom dan semua partikelnya, termasuk partikel sub atom, sedangkan partikel sub atom yang sangat kecil berasal dari suatu energi vibrasi quanta. Benda padat, molekul, atom dan partilkel adalah benda yang bisa dilihat. Sementara quanta adalah vibrasi atau getaran yang tak terlihat. Semua benda di sekitar kita jika diinvestigasi dari dekat dengan alat mikroskop maka tampak jelas bahwa mereka tidaklah padat, melainkan berongga yang berisi getaran energi quanta yang bergerak atau bergetar sedemikian cepatnya sehingga terlihat padat oleh indra penglihatan kita dan terasa padat juga oleh indra peraba kita. 

Dan kabar baiknya tubuh kita, otak kita itu juga terbuat dari atom dan semua partikelnya, termasuk partikel sub atom yang sangat kecil dan mereka bergetar menghasilkan energi getaran. Sedang pikiran kita adalah quanta itu sendiri yang menghasilkan getaran atau vibrasi. Dan getaran pikiran inilah yang menghasilkan gelombang elektromaknet. Maka dari itu berlakulah hukum alam semesta yang bernama hukum sebab akibab atau lebih popular dengan sebutan hukum tarik menarik (The Law Of Attraction). Ini adalah hukum alam semesta yang di buat oleh Tuhan. 

Hukum sebab-akibat ini tidak bisa di manipulasi oleh siapaun, tidak memandang siapapun Anda, tahu atau tidak mengerti hukum ini, hukum ini tetap berjalan dan berlaku terhadap Anda. Tugas Anda adalah hanya menyelaraskan antara Anda dengan hukum sebab-akibat ini. Untuk bisa terhubung dengan hukum ini Anda sudah diberi seperangkat alat yang luarbiasa oleh Tuhan yaitu pikiran Anda.. Cukup Anda berpikir saja Anda sudah bisa terhubung dengan hukum sebab-akibat ini. Ya.. dengan Anda berpikir itu secara otomatis pikiran Anda sudah terhubung dengan hukum sebab-akibat ini. Itulah kinerja pikiran Anda, menjadi penghubung hukum sebab akibat. 

Mengapa hanya dengan berpikir saja bisa terhubung dengan hukum sebab-akibat? Karena pikiran kita setiap kali berpikir langsung menghasilkan getaran gelombang elektromagnet, maka sifat pikiran kita adalah seperti magnet atau memiliki kinerja seperti sebuah magnet, “Apapun yang kita pikirkan bisa menarik situasi, kondisi, orang, peristiwa dimana itu bisa membantu menciptakan realita kehidupan kita”. Maka sangat perlu Anda ketahui apapun yang kita sering pikirkan bisa menjadi sebuah kenyataan. Dan yang luarbiasanya lagi hukum sebab akibat ini tidak mengerti apakah yang kita pikirkan itu positif ataupun negatif, baik atau buruk. Hukum ini hanya merespon apa saja yang sering kita pikirkan kemudian mengembalikan di kehidupan kita sebagai realita. 

Maka dari sekarang tugas Anda hanyalah mengontrol pikiran Anda agar selalu berpikir hal yang baik-baik saja. Sering saya bertemu orang dan banyak juga orang bertanya kepada saya memalui telepon, inbox, email kenapa hidupnya selalu penuh dengan masalah, baik itu masalah keuangan, sosial, keluarga, bisnis, karir, kesehatan dan lain-lain. Semua masalah itu karena kita sendiri yang membuatnya, termasuk sukses atau gagal itu kita sendiri yang membuatnya. Lo kok bisa seperti itu? Kita kembali lagi ke hukum sebab akibat. Seperti firman Tuhan dalam sebuah hadits qutsi bahwa: 

Sesungguhnya Allah berfirman: “Aku sebagaimana prasangka hambaku kepada-Ku. Aku bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku.” [HR.Turmudzi] 

Prasangka itu berasal dari pikiran bahwa sadar atau hati atau indra keenam atau qolbu atau mata ke 3, apalagi ya istilah kerennya, mungkin saya terlihat ngacau ya, dulupun saya sangat penasaran dari istilah-istilah diatas, tapi setelah saya mempelajari semuanya melanglang buana kesana kemari ternyata semua membicarakan satu hal, yaitu PIKIRAN BAWAH SADAR. Jadi, jika Anda mau merubah hidup Anda untuk menjadi yang lebih baik terlepas dari apapun masalah Anda saat ini, maka rubah dulu program pikiran Anda atau apa yang sering Anda pikirkan. Garansi hidup Anda bisa berubah sangat cepat. Hal ini sedikit orang mengetahuinya dan mau mempraktekkannya. 

Sekarang mungkin Anda mau merubah kehidupan Anda untuk menjadi lebih baik, sampai Anda sudah melakukan segala cara, sudah banyak baca buku, ikut seminar motivasi, bahkan sampai menjalani bisnis ini dan itu, tetapi hidup Anda tidak kunjung berubah. Jawabannya sekarang Anda sudah tahu kan? Yaitu pola pikir Anda atau lebih suka saya menyebutkan program pikiran Anda harus di rubah dulu. 

Apa yang diluar sama seperti apa yang didalam, Untuk merubah yang diluar, rubah dulu apa yang didalam. 

Maka dari itu Anda harus benar-benar memahami hukum sebab-akibat dan bagaimana pikiran Anda bekerja. Mengapa? Tuhan sudah menganugerahi sebuah pikiran buat Anda, jika Anda tidak tahu fungsi, dan memahami kinerja pikiran Anda itu sama saja Anda mendustakan atau mengingkari nikmat atau anugrah Tuhan yang sangat luarbiasa ini. Jika Anda sudah mengetahui hukum sebab-akibat dan fungsi serta kinerja pikiran Anda, maka Anda pasti mau memaksimalkan pikiran Anda untuk mendesain hidup seperti yang Anda mau. 

Itulah sebabnya saya ciptakan buku ini. Tujuan saya agar semua orang bisa sadar bahwa dia punya pikiran dan bisa memaksimalkan untuk kehidupannya termasuk Anda. Sampai saya memberikan fasilitas konsultasi gratis seumur hidup buat Anda. 

Konsultasi gratis seumur hidup ini adalah fasilitas yang sangat murah sekali buat Anda jika di bandingkan dengan saya dulu untuk mengerti dan memahami kinerja pikiran ini. Tapi saya syukuri dengan begitu saya bisa menciptakan buku ini dan special saya persembahkan untuk Anda. Dan saya sampaikan trimakasih buat Anda, karena keputusan Anda buku ini sudah ada di tangan Anda dan Anda bisa membacanya, itu berarti Anda bener-bener serius mau merubah kehidupan Anda untuk menjadi lebih baik. Dengan melihat dasar itulah, saya tidak memberikan materi asal-asalan untuk Anda melalui buku ini.
BAB4: ALPHA
 

BAB4 
ALPHA 

Mungkin Anda sering mendengar kata “Alpha” memalui buku, bahkan sekarang sudah banyak situs yang membahas tentang alpha ini. Alpha adalah suatu kondisi dimana gelombang otak di frekuensi 8 - 12 Hz. Ciri ketika kita berada di gelombang ini adalah kita merasa rileks, tenang, damai, fokus, ikhlas. Apakah untuk merasakan kondisi alpha ini harus berbaring atau bersila atau juga harus bermeditasi khusus? Tidak juga. Ketika Anda beraktivitas sehari-hari pun jika Anda bisa merasa rileks, tenang, damai, fokus, ikhlas, itu tandanya Anda berada di kondisi alpha atau berada di gelombang otak alpha. 

Sekarang saya mau mengajak Anda masuk lebih dalam kepembahasan kondisi alpha ini. Menurut pengalaman saya bertahun-tahun, ada hal yang sangat menarik disini yaitu kondisi alpha adalah suatu kondisi yang paling baik untuk berdoa dan untuk melakukan pemograman pikiran (merubah database). Kenapa seperti itu? Karena alpha adalah penghubung pikiran sadar dengan pikiran bawah sadar. Pernahkah Anda mendengar istilah “hening”, “doa”, “meditasi”, “khusuk”, “tahajud”? Terus apa yang sama aktivitas tersebut dengan alpha? Terlepas dari semua teknik, cara, dan tujuannya, sebenarnya semua berbicara tentang satu hal yang sama. 

Yang mau saya sampaikan kepada Anda adalah bahwa bila orang melakukan hal diatas dengan sungguh-sungguh, maka bisa tercapai satu hal yang sama yaitu gelombang otak turun hingga mencapai gelombang otak alpha bahkan sampai masuk ke gelombang alpha-theta. Bagi Anda yang muslim tentunya tidak asing lagi dengan istilah “tahajud”. Nah kenapa tahajud harus dilakukan pada waktu malam hari dan sesudah tidur? Pada waktu tidur otak dominan berada di gelombang delta. Disaat kita baru bangun tidur terutama pada saat tengah malam kita tetap merasa mengantuk. 

Mengantuk itu tandanya otak berada di gelombang alpha. Itulah sebabnya banyak yang menganjurkan bahwa kalau berdoa sebaiknya pada waktu malam hari atau tengah malam, karena pada waktu itu secara otomatis terciptalah suatu kondisi khusu’ atau ada yang mengatakan kondisi rileks teramat dalam atau kondisi deep trance istilah kerennya. Bagi Anda yang sudah pernah belajar hypnotis dan hypnotherapy paham banget dengan istiah-istilah keren ini….hehehehe… 

Sisi negatif alpha .
Sekedar mengingatkan kepada Anda, kondisi alpha juga suatu kondisi yang berbahaya. Wah kenapa berbahaya? Saya ulang lagi, saat kondisi alpha critical area atau filter bawah sadar terbuka lebar. Jadi segala informasi dari luar bisa masuk ke pikiran bawah sadar yang nantinya bisa menjadi suatu program yang berjalan dan ahirnya menjadi sebuah realita kehidupan Anda. Bagus untuk Anda bila program itu bagus, kalau jelek dan merugikan Anda gimana ayo? Karena pikiran bawah sadar tidak tahu apakah informasi itu menguntungkan Anda atau kah merugikan Anda, informasi itu langsung nyelonong saja masuk ke pikiran bawah sadar karena critical area terbuka lebar dan ahirnya informasi itu menjadi suatu keyakinan atau kepercayaan walaupun keyakinan atau kepercayaan itu belum tentu benar atau baik untuk Anda. 

Misal: ada teman main kerumah Anda, kemudian Anda dan teman Anda terlibat suatu percakapan. Teman Anda berbicara “Ah, bener cari kerjaan itu susah, cari uang itu susah, sukses itu harus gagal dulu”, pada waktu itu Anda dalam kondisi alpha. Walaupun itu teman Anda yang bicara tapi Anda kan mendengar, apa yang di bicarakan oleh teman Anda itu langsung masuk ke pikiran bawah sadar yang ahirnya menjadi keyakinan atau kepercayaan Anda. Kalau sudah menjadi keyakinan atau kepercayaan walaupun informasi itu buruk tetap bisa menjadi sebuah realita (kenyataan) dalam kehidupan Anda. 

Begitu kuatnya sebuah program yang sudah masuk di pikiran bawah sadar, maka tidak heran kalau ada orang yang mau berubah tapi masih sulit berubah. Mengapa seperti itu? karena yang mau berubah itu masih pikiran sadarnya sedang pikiran bawah sadarnya belum mau berubah, ahirnya yang terjadi adalah konflik diri. Jika terjadi konflik antara pikiran sadar dengan pikir bawah sadar maka yang menang adalah pikiran bawah sadar (12% VS 88%). 

Contoh ya, pernahkah Anda diajak keluar oleh teman Anda, entah itu keluar untuk beli makanan, atau kerumah temen, atau yang lain. Saat itu pikiran bawah sadar Anda mengatakan “males ah”, ahirnya Anda begitu berat untuk keluar, walaupun Anda memaksa untuk keluar Anda tetap merasakan tidak nyaman sekali dan maunya segera pulang. Itulah dahsyatnya pikiran bawah sadar. Maka dari itu selalulah atau membiasakan mengkontrol pikiran Anda setiap saat satiap waktu dan dimanapun Anda berada agar terhindar dari program-program pikiran yang bisa menghambat kesuksesan Anda. Kalaupun sudah terlanjur masuk program tersebut, Anda tidak perlu kawatir karena program pikiran itu bisa di uninstall atau bisa di program ulang. 

Cara masuk dalam kondisi alpha. 
Baik sekarang saya tunjukkan bagaimana memasuki kondisi alpha dengan mudah. Disini saya berikan 3 cara untuk memasuki kondisi Alpha denga mudah, silahkan pilih mana yang Anda suka. Yang penting Anda bisa memasuki kondisi alpha. 

1. Fokus dengan Napas. 
Teknik Fokus ke napas adalah suatu teknik untuk mencapai kondisi alpha dengan mudah dan tetap terjaga kondisi alpha tersebut. Tekniknya adalah dengan Anda menarik napas panjang secara perlahan dan menghembuskan napas juga dengan perlahan kurang lebih 3 kali. Setelah itu rasakan keluar masuk nya napas Anda untuk beberapa saat atau sekitar 2-3menit, maka Anda bisa memasuki kondisi alpha dengan sendirinya. 






2. Musik Brainwave 
Musik Brainwave bisa di artikan sebagai suatu usaha merangsang otak agar menghasilkan gelombang otak dengan frekuensi tertentu sesuai dengan kebutuhan. Maka tidak heran kalau music brainwave ini di gunakan oleh para pakar pikiran untuk menerapi otak. Cara merangsang otak itu sebenarnya ada 2, bisa dengan suara atau musik dan kilatan cahaya. Dari dua cara itu yang lebih merangsang gelombang otak adalah dengan suara atau musik karena ini dinilai lebih efektif. Lebih murah dan lebih mudah digunakan. Nah untuk Anda bisa mendengar musik brainwave dengan buka file bonus “Natural Concentration”. Disitu ada banyak musik brainwave, Anda bisa pilih sesuka Anda. 

Untuk memasuki kondisi alpha dengan menggunakan music brainwave, Anda cukup berfokus pada suara musik brainwave saja… Secara otomatis Anda bisa merasakan kondisi yang tenang, damai, istirahan, fokus, ikhlas secara pelan-pelan. 

3. Berada di tempat kedamaian. 
Berada di tempat kedamaian itu maksudnya bagaimana? Begini, pernahkan Anda itu pergi kesuatu tempat yang bisa membuat Anda itu bisa merasa sangat damai sekali? Entah itu di pinggir kolam renang di waktu malam hari, atau di sebuah pantai dengan hembusan angin pantai, suara merdu ombak sehingga Anda itu merasa sangat damai? Nah jika Anda pernah pergi ke suatu pantai dan Anda itu merasa begitu damai ketika Anda berada di pantai itu, maka Anda bisa memanfaatkan momen itu untuk memasuki kondisi alpha. Caranya adalah pejamkan mata Anda, bayangkan dan rasakan Anda berada di pantai itu lagi, rasakan hembusan anginnya. Dengarkan deburan ombaknya yang membuat Anda semakin damai. Terus bayangkan dan rasakan semakin dalam Anda berada di pantai itu. Anda merasa damai inilah Anda itu sudah dalam kondisi Alpha. 

Itulah ketiga cara untuk memasuki kondisi alpha dengan mudah dan cepat. Silahkan pilih dari ke 3 cara diatas untuk memasuki kondisi alpha yang menurut Anda paling mudah dan cepat.
BAB5: PEMROGRAMAN PIKIRAN
 

BAB5 
PEMROGRAMAN PIKIRAN

PENDAHULUAN 
Sudah saya bahas di bab awal namun saya mau mengulanginya lagi karena ini penting di ketahui, yaitu tentang manusia itu adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna. Namun banyak orang masih belum sepenuhnya meyakininya secara total dan tidak benar-benar menyadari kekuatan dan kesempurnaan manusia itu sendiri. Banyak hal yang ajaib yang bisa kita lakukan. Sayangnya hanya sedikit orang yang sadar untuk mengakses kemampuan ini. 

Kita dibatasi oleh berbagai sugesti yang masuk ke pikiran bawah sadar selama bertumbuh dan berkembang sejak dalam kandungan hinggaa saat ini. Salah satu contoh kongkrit sugesti dari luar yang ahirnya menjadi program pikiran adalah: kita lebih nyaman ketika makan dengan menggunakan tangan kanan. Kenapa kita nyaman makan dengan tangan kanan? Karena sejak kecil kita selalu di sugesti bahwa bila makan itu yang baik menggunakan tangan kanan sehingga sugesti ini menjadi program pikiran. Padahal kalau kita makan dengan tangan kiripun juga bisa, tapi terasa tidak nyaman, ya kan... 

Anda tahu dengan Sabar Subadri? Kalau belum saya mau bercerita sedikit tentang Sabar Subadri. Baik, Sabar Subadri adalah seorang pelukis yang tidak memiliki lengan, dia cacat fisik sejak lahir. Yang membuatnya bangga adalah dia bisa masuk menjadi anggota Association of Mouth and Foot Paiting Artists (AMFPA). Dan hasil lukisannya sekarang telah di nikmati oleh orang kanada, Australia, amerika serikat, korea dan juga negara-negara lain. Anda bisa mencari di google untuk melihat hasil karyanya. Namun jangan kaget bila Anda nanti melihat hasil lukisannya. Lukisannya tidak kalah bagus dengan orang yang mempunyai kesempurnaan fisik. 

Apa yang ada di diri Sabar Subandri adalah suatu keyakinan total yang bisa menghancurkan tembok-tembok pembatas dirinya (program pikirannya). Sebenarnya ada banyak sekali contoh yang membuktikan bahwa tidak ada batasan yang pasti mengenai kekuatan manusia. 

Di dalam diri manusia sebenarnya ada kekuatan yang dahsyat, tapi kekuatan itu di batasi oleh sugesti-sugesti yang di dapat melalui pendidikan dan pengetahuan yang di pelajarinya. Semua sugesti tersimpan di pikiran bawah sadar. Sejak lahir, sejak berinteraksi dengan lingkungannya, pikiran bayi mulai di masuki oleh berbagai sugesti. Bayi memasukkan semua sensasi yang dia terima oleh ke 5 indranya ke dalam pikirannya. Dan semua sugesti yang masuk ke pikiran bawah sadar si bayi mempengaruhi kehidupannya kelak. 

Seperti yang sudah saya bahas di bab-bab awal, bahwa disini ada berita baik dan berita kurang baiknya. Berita baiknya adalah jika sugesti yang di terima si bayi itu baik maka kehidupannya nanti juga pasti baik. Namun sebaliknya, ini berita yang kurang menyenangkan, jika sugesti yang di terima si bayi itu kurang baik maka ini juga mempengaruhi kehidupannya kelak si bayi. 

Bisa di bayangkan, seandainya sibayi tidak pernah diajak bercakap-cakap oleh orang di sekelilingnya, mungkinkah dia mengembangkan kemampuan bicaranya? saya yakin Anda sudah tahu jawabannya. Apapun yang ada di pikiran bawah sadarnya, di gunakan sebagai acuan dalam membuat keputusan. Apapun yang kita lakukan saat ini sebenarnya akibat sugesti yang berasal dari lingkungan kita, sugesti ini ahirnya menjadi sebuah program pikiran kita. Namun ada kabar yang sangat melegakan, bahwa sugesti yang sudah menjadi program pikiran itu bisa di program ulang sama persis dengan komputer, jika program di komputer sudah tidak kita butuhkan lagi tinggal kita uninstall dan menginstall dengan program baru yang kita mau. 

Bagi Anda yang merasa punya program kurang baik di dalam pikiran Anda, tidak perlu kuawatir karena semuanya bisa di program ulang sesuai dengan kebutuhan Anda, hal inilah yang patut kita syukuri. 

Ada banyak cara untuk merubah program pikiran bawah sadar, diantaranya adalah dengan cara: 

1. Repetisi (pengulangan). 
Sekarang coba Anda baca kata-kata ini: gajah, anjing, kerbau, gajah, kuda, ayam, itik, gajah, ular, unta, jerapah, gajah, ulat, tikus. Apa yang Anda ingat? Ya benar, gajah kan. Anda tidak perlu menghafal tapi gajah sudah ada di pikiran Anda sekarang karena gajah Anda repetisi (diulang-ulang). 

2. Identifikasi kelompok. 
Anggota kelompok lebih mudah menyerap nilai atau kepercayaan yang di pegang oleh kelompoknya. 

4. Figur yang di pandang sebagai otoritas. 
Setiap informasi yang di sampaikan oleh figur yang di pandang sebagai tokoh otoritas bisa lebih mudah masuk ke pikiran bawah sadar. Guru misalnya, guru di pandang sebagai tokoh otoritas di bandingkan dengan orang tua. Apapun yang di sampaikan seorang guru lebih di percaya di banding dengan apa yang di sampaikan orang tua. 

5. Emosi. 
Suatu informasi yang di terima pada saat ada muatan emosinya (perasaan) bisa mudah masuk ke pikiran bawah sadar. Itulah kenapa syair lagu mudah di ingat, karena pada saat menyanyikan lagu tersebut pasti ada luapan emosinya baik senang atau sedih. 

6. Alpha. 
Kondisi ini adalah kondisi hypnosis dimana kita merasa rileks, tenang, istirahat, fokus, ikhlas. Belajar di kondisi ini bisa sangat bagus sekali hasilnya karena informasi langsung masuk ke pikiran bawah sadar. 

PEMROGRAMAN PIKIRAN 
Mungkin Anda sudah sering mendengar atau bahkan Anda sudah pernah mempraktekkan suatu teknik untuk memprogram pikiran namun Anda belum juga bisa merasakan efeknya, karena program yang Anda praktekkan itu belum menyentuh software nya. Yang saya maksud software disini adalah pikiran itu sendiri. Padahal segala sesuatu itu bermula atau berasal dari pikiran. Anda mau makan pasti berpikir dulu untuk makan yang ahirnya pikiran Anda itu memerintahkan tubuh fisik Anda yaitu kaki dan tangan Anda untuk berlajan dan mengambil makanan, setelah tangan Anda mengambil makanan pikiran Anda memerintahkan tangan Anda untuk memasukkan makanan itu ke dalam mulut Anda. Ahirnya Anda bisa makan. 

Cara pikiran memerintahkan tubuh fisik Anda ini prosesnya sangat cepat sekali sehingga Anda tidak mengetahui atau tidak menyadari bahwa pikiran Anda itu sedang memerintah tubuh fisik Anda. Ini soal makan, soal hal lain pun semua prosesnya sama, contoh lagi Anda mau sejumlah uang, Anda memprogram pikiran Anda dan melakukan imajinasi tentang uang yang Anda mau itu, ahirnya pikiran Anda berkerja untuk Anda mendatangkan situasi, orang atau apapun itu sehingga Anda bisa mendapatkan uang seperti yang Anda mau. Memprogram pikiran itu adalah cara Anda memerintahkan pikiran Anda untuk bekerja mendatangkan apapun yang Anda mau. 

Jadi lakukan pemograman pikiran bila ada program pikiran yang tidak selaras dengan kemauan Anda dan lakukan imajinasi dengan penuh perasaan. Agar pikiran Anda bekerja maksimal untuk mendatangkan apapun yang Anda mau. 

Inilah kenapa saya sering buat artikel di blog, di halaman Fb, di twitter dan di vedio youtube bahwa untuk merubah hidup Anda menjadi lebih baik maka rubah dulu pikiran Anda, lebih tepatnya rubah dulu program yang ada di pikiran Anda. Jika program pikiran Anda berubah maka semua pasti berubah. 

Nah teknik pemrograman pikiran yang sebentar lagi saya berikan kepada Anda ini adalah suatu teknik yang sudah teruji kehebatannya langsung menyentuh pikiran Anda, karena teknik yang sebentar lagi saya berikan kepada Anda ini sudah saya praktekkan selama bertahun-tahun dan juga sudah banyak sahabat-sahabat saya yang mempraktekkannya dan hasilnya menakjubkan. Karena teknik pemograman pikiran yang saya praktekkan ini sudah banyak menuai keberhasilan, maka saya berani memberikan teknik ini sekarang kepada Anda. Dan enaknya lagi Anda tidak perlu membayar mahal untuk bisa mendapatkan sebuah teknik pemograman pikiran yang luarbiasa ini. Sekarang Anda tinggal mempraktekkan dan menerima hasilnya secara mudah. 

Apapun teknik yang Anda gunakan saat ini yang bertujuan untuk bisa mendapatkan apapun yang Anda mau jika program pikiran Anda tidak selaras maka apapun yang Anda mau itu tidak bisa Anda dapatkan. Walaupun toh Anda juga berdoa tiap hari kepada Tuhan jika Anda belum mau maka apapun yang Anda mau itupun juga tidak bisa terwujud. Ini penting yang harus Anda pahami dulu. Yang saya maksud Anda belum MAU adalah ada program pikiran yang tidak selaras dengan apa yang Anda mau itu, itulah yang saya maksud bahwa Anda itu belum mau kemauan Anda itu terwujud. 

Contoh seperti program atau aplikasi yang ada di handphone Anda, misal aplikasi BBM, Anda mau melakukan video call dengan aplikasi BBM Anda, seberapa kerasnya Anda berusaha untuk melakukan video call kepada teman Anda dengan aplikasi BBM maka Anda tidak pernah bisa melakukan video call dengan teman Anda, mengapa bisa begitu? Ya jelas tidak bisa karena Anda masih menggunakan aplikasi BBM versi lama, kalau Anda memperbaharui aplikasi BBM Anda dengan aplikasi BBM versi terbaru maka Anda bisa melakukan video call dengan mudah. Benar kan. 

Sama dengan program pikiran Anda, misal Anda mau sebuah handphone baru, tapi tiba-tiba muncul program pikiran “handphone bekas saja”, maka seberapa keras Anda berusaha untuk mendapatkan handphone baru ada saja suatu kejadian atau peristiwa yang mengakibatkan Anda hanya bisa membeli atau mendapat hendphone bekas. Kenapa bisa seperti itu? Karena di pikiran Anda sudah terinstall progrma pikiran “handphone bekas saja”, inilah yang menjadi penyebab Anda hanya bisa mendapatkan handphone bekas. 

Ini yang banyak orang belum mengetahuinya. Jadi Anda sekarang sangat beruntung sudah mengetahuinya. Maka dari itu jangan memberitahukan hal ini kepada orang lain ya, ini rahasia kesuksesan Anda…hehehehe

Langkah-langakah memroprogram pikiran. 
Langkah-langkah ini harus Anda praktekkan jika Anda benar-benar mau mendapatkan perubahan di dalam hidup Anda atau Anda bisa mendapatkan semua yang Anda mau dengan mudah…. 

1. Langkah pertama. 
Di langkah pertama ini Anda harus tahu progam pikiran mana yang mau Anda program, jika Anda tidak tahu program mana yang mau Anda program la mau memprogram apa.....hehehehe.... 

Misal saat ini Anda merasa penghasilan Anda tidak seperti yang Anda mau, mau penghasilan 50 juta rupiah perbulan tapi rasanya tidak bisa. Nah ini saatnya Anda memprogram ulang pikiran Anda tentang penghasilan 50 juta rupiah perbulan. 

2. Langkah kedua. 
Di langkah ke dua ini Anda mesti dalam kondisi tenang, rileks, fokus atau Anda dalam kondisi alpha. Untuk bisa memasuki kondisi alpha Anda bisa menggunakan salah satu teknik yang sudah saya tulis di bab-bab sebelumnya. Ambil atau pakai teknik termudah saja menurut Anda. 

Kenapa Anda mesti tenang, rileks dan fokus untuk memprogram pikiran? Karena agar program-program yang tidak selaras itu bisa muncul atau bisa Anda rasakan, dengan begitu Anda bisa tahu program apa yang menghambat kesuksesan Anda untuk memiiki sesuatu yang Anda mau. Ibarat seperti air kolam, jika air kolam itu banyak gelombang ketika Anda melempar sebuah batu di dalam kolam tersebut maka gelombang yang di hasilkan oleh batu yang Anda lempar tersebut tidak bisa terlihat dengan jelas karena di dalam kolam itu sudah terdapat banyak gelombang selain gelombang dari batu yang Anda lempar. 

Beda lagi jika air di dalam kolam itu tidak ada gelombang sama sekali atau air di dalam kolam itu begitu tenang, maka ketika Anda melempar sebuah batu di dalam kolam itu maka bisa terlihat sangat jelas gelombang yang di hasilkan oleh batu yang Anda lempar di dalam kolam tersebut. Itulah kenapa Anda mesti tenang, rileks dan fokus untuk memulai memprogram pikiran Anda agar Anda bisa tahu, bisa merasakan program pikiran yang tidak selaras. 

3. Langkah ketiga. 
Tulis apa yang Anda mau di atas kertas, yaitu misal mempunyai penghasilan 50 juta rupiah perbulan, maka tulis di kertas seperti ini: 

“Saya memutuskan dan mengizinkan diri saya untuk memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan dengan mudah cepat dan menyenangkan” 

4. Langkah keempat. 
Setelah Anda melakukan langkah yang ketiga, maka selanjutnya Anda lakukan langkah yang keempat ini yaitu menjadi pendengar yang baik, dan menjadi perasa yang baik, maksudnya? Maksudnya adalah: Mendengarkan semua program-program pikiran yang muncul, mengizinkan semua program pikiran muncul dan merasakan kehadiran program pikiran tersebut. Kemudian menulis semua progrm pikiran yang muncul dan program pikiran yang Anda rasakan itu. Misal program pikiran yang muncul seperti di bawah ini: 
  • Tidak mungkin 
  • Dari mana 
  • Caranya bagaimana 
  • Gak pantas 
  • Sulit 
  • Dan lain-lain… (tulis terus program pikiran yang muncul). 
Contoh program pikiran yang muncul seperti diatas itu adalah sebuah program pikiran yang tidak selaras dengan kemauan Anda untuk bisa memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan. Maka segera program ulang yang tidak selaras dengan apa yang Anda mau itu. 

Apabila program pikiran tidak muncul seperti diatas, coba Anda rasakan perasaan Anda ketika Anda memutuskan memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan. Jika Anda merasakan tidak enak, tidak nyaman, cemas, gelisah, was-was, takut, itu tandanya ada program pikiran yang menolak atau ada program pikiran yang tidak selaras. Segera program ulang ya, sebelum memprogram ulang caranya sama seperti diatas yaitu tulis yang Anda rasakan itu di kertas: 
  • Tidak enak 
  • Tidak nyaman 
  • Cemas 
  • Gelisah 
  • Was-was 
  • Takut 
Memprogram pikiran yang tidak selaras ini adalah sebagai bentuk konfirmasi atau suatu bentuk penegasan kepada pikiran Anda. Karena jika tidak segera Anda program ulang, maka pikiran Anda bisa malakukan 2 hal. Yang pertama pikiran Anda diam tidak mengeksekusi kemauan Anda yang sebenarnya, kedua karena Anda tidak memprogram ulang maka pikiran Anda menganggap bahwa Anda setuju dan mengizinkan program pikiran yang tidak selaras itu, ahirnya pikiran Anda mengeksekusi atau menjalankan program yang tidak selaras itu. Dengan demikian Anda mendapatkan sesuatu yang tidak Anda mau. 

Bila sudah terjadi seperti ini, jangan marah ya jika Anda tidak mendapat apa yang Anda mau, karena Anda tidak memberi konfirmasi yang benar kepada pikiran Anda. Maka sangat penting Anda segera sadar dan segera memprogram ulang pikiran Anda jika ada program pikiran yang tidak selaras ini tujuannya agar pikiran Anda paham mana yang sebenarnya harus di jalankan dan di kerjakan. 

5. Langkah kelima. 
Tetap dalam kondisi alpha, kemudian mulailah memprogram ulang pikiran Anda. 

Langkah-langkahnya adalah: 
Baca lagi program pikiran yang tidak selaras di langkah ke 4 diatas, yaitu: 
  • Tidak mungkin 
  • Dari mana
  • Caranya bagaimana 
  • Gak pantas 
  • Sulit 
  • Dan lain-lain 
Tulis yang Anda rasakan: 
  • Tidak enak 
  • Tidak nyaman 
  • Cemas 
  • Gelisah
  • Was-was 
  • Takut 
Nah silahkan di program ulang dengan cara mencoretnya, kemudian Anda tuliskan sugesti program pikiran yang baru sebagai pengganti program yang tidak selaras itu, agar pikiran Anda tahu mana yang harus di eksekusinyanya dan dijalankannya. 

Tapi tunggu dulu, sebelum Anda mencoret semua program pikiran yang tidak selaras itu, bersyukurlah terlebih dulu kepada Tuhan karena Anda sudah tahu program-program pikiran yang tidak selaras dengan begitu Anda bisa tahu program pikiran yang mana yang harus Anda program ulang. 

“Trimakasih Tuhan sekarang saya tahu program-program pikiran saya yang tidak selaras dengan kemauan saya, dengan begitu saya bisa memprogram ulangnya demi kehidupan saya yang lebih baik” 

Kemudian lakukan pencoretan seperti di bawah ini dan Anda ganti langsung dengan menuliskan sugesti yang sesuai dengan kemauan Anda: 

Tidak mungkin 
“Itu dulu ya... mulai sekarang dan seterusnya saya bisa mendapatkan penghasilan 50 juta rupiah perbulan”. 

Dari mana 
“Hehehehe...Dari mana saja… karena mulai sekarang dan seterusnya saya membuka sumber dan peluang dari arah mana saja yang bisa menghasilkan penghasilan 50 juta rupiah perbulan”. 

Caranya bagaimana 
“Caranya apa saja yang penting mudah cepat dan menyenangkan”. 

Tidak pantas 
“Hehehehe...Itu dulu ya... karena mulai sekarang dan seterusnya saya pantas memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan”. 

Sulit 
“Hehehehe...Itu dulu ya... karena mulai sekarang dan seterusnya saya bisa mendapatkan penghasilan 50 juta rupiah perbulan dengan mudah”. 

Yang Anda rasakan: 

Tidak enak 
“Hehehehe...Itu dulu ya... karena mulai sekarang dan seterusnya saya merasa enak memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan”. 

Tidak nyaman 
“Hehehehe...Itu dulu ya... karena mulai sekarang dan seterusnya saya merasa nyaman memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan”. 

Cemas 
“Itu dulu ya... karena mulai sekarang dan seterusnya saya merasa bahagia memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan”. 

Gelisah 
“Itu dulu ya... karena mulai sekarang dan seterusnya saya merasa tenang dan damai memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan”. 

Was was 
“Hehehehe...Itu dulu ya... karena mulai sekarang dan seterunya saya merasa bahagia dan bersyukur memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan”. 

Takut 
“Hehehehe...Itu duu ya... karena mulai sekarang dan seterusnya saya berani memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan”. 

Coba Anda perhatikan sugesti awal pemrograman pikiran diatas “Hehehehe... itu dulu ya...” kalimat ini tujuannya agar Anda tetap merasakan enjoy, agar respon Anda tidak lebai (baper), atau agar Anda tetap bisa merasa baik-baik saja, kalau di respon lebai bisa melunjak tu program yang tidak selaras..heheheh. Dan coba perhatikan kalimat pemenggalan pemrograman pikiran ini “Karena mulai sekarang dan seterusnya...” ini tujuannya untuk memberitahukan kepada pikiran Anda agar tidak lagi menjalankan program pikiran yang lama dan berubah menjalankan program pikiran yang baru. Efeknya pikiran bisa berfokus dan menjalankan atau mengerjakan program pikiran yang baru. 

Dan ketika Anda mencoret program yang tidak selaras dengan kemauan Anda seperti diatas itu secara otomatis Anda memberi penegasan kepada pikiran Anda tepatnya pikiran bawah sadar Anda bahwa program itu tidak benar dan menggantikannya dengan program yang selaras dengan kemauan Anda agar pikiran Anda tahu mana yang harus di eksekusinya. 

Setelah tidak lagi muncul program yang tidak selaras dan rasanya Anda itu lega, itu tandanya pikiran Anda sudah tahu mana yang harus di eksekusinya. Ibarat seoarang karyawan yang sudah tahu mana tugas dari boss yang harus di kerjakan. 

6. Langkah ke enam 
Lakukan teknik “Anchoring”, apa itu anchoring? Anchoring adalah membuat sugesti penguncian dengan menggukan lambang atau media. Lambang atau media disini bisa gambar atau benda yang sering Anda pegang atau yang sering Anda lihat. Jika Anda menggunakan gambar tidak harus gambar sama seperti yang Anda mau, misalnya Anda mau memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan tidak harus membuat gambar uang 50 juta rupiah. Dengan handphone Anda pun juga bisa. 

Sugestinya: 
Sambil pegang handphone Anda: 

“Mulai sekarang dan seterusnya setiap saya melihat handphone dan memegang handphone saya ini, saya semakin mudah... semakin cepat dan juga semakin menyenangkan bisa memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan dari segala arah dari segala sumber”. 

Keuntungan Anda melakukan langkah ke enam ini yaitu teknik anchoring, Anda sudah tidak perlu lagi melakukan sugesti apa yang Anda mau itu secara terus menerus. Cukup satu kali melakukan sugesti yang Anda mau dan melakukan anchoring sudah beres. Karena pikiran Anda sudah Anda kunci dengan sugesti seperti diatas, secara otomatis setiap Anda melihat handphone dan memegang handphone pikiran Anda bekerja mengeksekusi apa yang Anda mau itu. 

Ingat, satu kemauan satu lambang atau satu media ya... jika satu lambang atau satu media Anda gunakan untuk beberapa kemauan maka pikiran Anda bisa bingung. Maka jika memiliki kemauan yang banyak Anda harus menggunakan simbul atau media yang banyak juga, sebanyak kemauan Anda. Lebih mudah jika Anda memiliki kemauan banyak bautlah simbul berupa gambar saja dan gambar itu Anda tempelkan di sebuah papan yang bisa sering Anda lihat. 

7. Langkah ke tujuh. 
Langkah ke tujuh ini adalah langkah terahir yaitu berimajinasilah dengan Anda membayangkan dan merasakan apa yang Anda mau itu sudah terwujud dan bersyukurlah kepada Tuhan seolah-olah Anda sudah menerima atau Anda sudah memiliki penghasilan 50 juta rupiah perbulan. Setelah itu buka mata Anda pelan-pelan. Sambil membuka mata ucapkan trimakasih lagi kepada Tuhan. 


Pertanyaan-pertanyaan. 
Bagaimana jika dalam beraktifitas sehari-hari tiba-tiba muncul program yang tidak selaras? 
Jawab: Bila dalam beraktifitas tiba-tiba muncul program pikiran yang tidak selaras lagi, tidak usah panik atau tegang ya... santai saja dan tetap terseyum sambil Anda melakukan pemroprogram ulang. Misal program yang muncul “Ah sulit”, langsung program ulang saat itu juga “Itu dulu ya.. mulai sekarang dan seterusnya semua bisa dengan mudah saya dapatkan”. 

Sebelum memprogram ulang tersenyum dulu, mengapa? 
Jawab: Karena dengan Anda senyum itu untuk menjaga agar perasaan Anda tetap senang…tetap enjoy… Dan disini Anda tidak perlu melakukan proses untuk masuk kondisi alpha, karena ketika program pikiran Anda muncul, itu tandanya pintu gerbang pikiran bawah sadar Anda terbuka, walau hanya sebantar. Nah Anda manfaatkan ini sebaik-baiknya dengan segara memberi sugesti pemrograman pikiran seperti yang saya contohkan diatas sebelum RAS atau pintu gerbang pikiran bawah sadar Anda menutub lagi. Dan tidak perlu Anda tulis kalau yang ini, langsung beri sugesti saat itu juga. Simpel kan… Sekali lagi ini rahasia ya…..hehehehe… 

Kapan suatu kemauan itu bisa terwujud? 
Jawab: Sampai program pikiran Anda selaras dengan kemauan Anda. 

Terus kapan program pikiran itu bisa selaras dengan kemauan? 
Jawab: Tidak perlu Anda mempertanyaan kapan program pikiran itu selaras, lakukan saja pemrograman ulang jika ada program pikiran yang tidak selaras muncul. Dan Anda bisa kaget nantinya, karena tanpa Anda sadari apa yang Anda mau itu terwujud dengan sendirinya. 

Kalau untuk bidang yang lain, seperti mau memiliki keluarga yang harmonis, punya bisnis atau pekerjaan yang saya mau, punya relasi atau hubungan yang baik dengan semua orang, punya kesehatan yang sempurna… dan lain-lain itu bagaimana? 
Jawab: Langkahnya sama, yaitu lakukan langkah-langkah pemrograman pikiran seperti diatas. Dan ingat lakukan imajinasi dengan penuh perasaan, karena kalau Anda melakukan imajinasi dengan penuh perasaan maka pikiran bawah sadar bekerja sangat maksimal untuk mewujudkan kemauan Anda tersebut. 



Metode meniru kesuksesan orang lain. 

Apa itu meniru kesuksesan orang lain? Meniru kesuksesan orang lain itu Anda mau sukses seperti orang lain, entah itu di bidang kesehatannya, keuangannya, relasinya, bisnisnya, keharmonisan keluarganya, dan lain-lain.

Berarti bisa meniru kesuksesan orang lain? Sangat bisa, sekali lagi saya sampaikan kepada Anda bahwa pikiran Anda itu luarbiasa cara kerjanya. Anda bisa menjadi siapa saja hanya dengan pikiran Anda. Ini yang patut Anda syukuri sekali lagi ya, Anda punya perangkat yang begitu hebat dan luar biasa cara kerjanya, yaitu pikiran Anda. Ketika Anda memikirkan tentang seseorang maka pikiran Anda langsung terhubung dengan pikiran orang yang Anda pikirkan itu. 

Untuk meniru kesuksesan orang lain pun tekniknya juga sama seperti langkah-langkah dalam memprogram ulang pikiran. Pertama yang jelas Anda harus tahu kesuksesan siapa yang mau Anda tiru agar Anda juga bisa memiliki kesuksesan seperti orang yang Anda tiru tersebut. Untuk meniru ini harus jelas ya…. Meniru penghasilannya saja atau yang lain juga ini harus jelas. Kalau Anda mau hanya meniru penghasilannya saja maka tulis: 

“Saya memutuskan dan mengizinkan mulai sekarang dan seterusnya diri saya bisa memiliki penghasilan seperti si……….(tulis nama orangnya)… tapi yang baik-baik saja dengan lebih mudah lebih cepat dan juga lebih menyenangkan…” 

Lalu bayangkan (berimajinasi) dan rasakan Anda sudah punya penghasilan sama seperti orang yang Anda tiru tersebut, Kemudian Bersyukurlah... 


Mendapatkan jodoh idaman. 



Sering saya mendapat pertanyaan bagaimana untuk bisa mendapatkan jodoh idaman, ada juga yang tidak berani meminta jodoh seperti yang di mau kepada Tuhan karena sugesti-sugeati di luaran yang mengatakan bahwa jodoh itu di tangan Tuhan tidak bisa di minta sesuai kemauan. Ingat ya... Anda itu di suruh oleh Tuhan untuk meminta kepada-NYA. Jodoh pun Anda boleh meminta kepada Tuhan seperti yang Anda mau. 

Ada juga yang merasa kesulitan mendapatkan jodoh ahirnya pergi ke orang pintar, dan setelah pergi ke orang pintar ahirnya mendapatkan suatu jawaban dari orang pintar itu bahwa ada makhluk halus yang mengganggunya, tidak cocok tanggal lahirnya, tidak cocok arah rumahnya, dan lain sebagainnya...hhhmmm... 

Yang membuat jodoh itu sulit Anda dapatkan, itu karena diri Anda sendiri, karena program-program pikiran Anda sendiri bukan karena siapa-siapa atau bukan karena tanggal lahir Anda. Jika Anda sekarang ini merasa kesulitan mendapatkan jodoh, gagal, dapat gagal begitu terus, maka itu tandanya ada program pikiran yang tidak selaras. Maka sekarang diam, tenang dan rileks... buatlah sugestinya: 

“Saya memutuskan dan mengizinkan diri saya bisa memiliki jodoh seperti idaman saya... (Tulis kriteria jodoh Anda) dengan lebih mudah lebih cepat dan juga lebih menyenangkan…” 

Bila dalam beraktivitas tiba-tiba muncul program pikiran yang tidak selaras misal “Ah sulit” program ulang langsung “Itu dulu ya... karena mulai sekarang dan seterusnya saya bisa mendapatkan jodoh idaman saya”. 

Ingat selalu ini, tidak usah Anda mencari cara bagaimana jodoh itu datang kepada Anda, atau bagaimana caranya agar jodoh Anda itu bisa segera Anda dapatkan. Soal cara bagaimana jodoh seperti idaman Anda itu bisa segera Anda dapatkan, itu sudah bukan wilayah Anda, tapi itu sudah menjadi wilayah pikiran Anda bersama Tuhan. Tugas Anda hanya meminta kepada Tuhan dan memprogram pikiran bila ada program pikiran yang tidak selaras, dan selalu berpikir baik mengenai jodoh, itu saja. 


MAGNET UANG 



Langka-langkah menjadi megnet uang. 

1. Berani menjadi magnet uang. 
Apa maksudnya berani menjadi maknet uang? Maksud saya begini, banyak orang mau sekali menjadi magnet uang, sedang makna menjadi magnet uang itu adalah uang datang sendiri kepada dia bukan sebaliknya. Namun setelah saya bertemu banyak orang ternyata ada yang salah kaprah. Salah kaprahnya dimana? Kalau sudah memutuskan untuk menjadi magnet uang ya jangan mengejar uang, jangan memburu uang, jangan mencari uang. Tapi meminta dan mengizinkan uang itu datang sendiri kepada Anda. 

Ini yang banyak dilakukan oleh orang diluaran sana. Kalau Anda juga melakukan hal ini sudah memutuskan menjadi magnet uang tapi Anda masih memburu uang, masih mengejar uang itu Anda juga salah kaprah. Ini juga namanya Anda sudah memprogram pikiran Anda untuk mejadi magnet uang tapi Anda juga uninstall atau menghapus program menjadi magnet uang tersebut. Program-uninstall…program-uninstall… terus kapan Anda benar-benar menjadi magnet uang. Ini juga yang saya maksud Anda itu sebenarnya belum berani dan mau menjadi magnet uang. 

Jadi saran saya sebelum Anda memutuskan menjadi magnet uang, pikirkan dulu baik-baik ya… agar Anda nanti tidak buang tenaga sia-sia…. Bila Anda mau benar-benar manjadi magnet uang, Anda harus total jika Anda mau hasil yang maksimal. Total disini adalah biarkan uang yang datang sendiri kepada Anda… biarkan uang mengajak teman-temannya berbondong-bondong datang sendiri kepada Anda. Jika ini Anda lakukan maka saya jamin Anda bisa cepat menjadi magnet uang yang sesungguhnya. 

2. Tentukan berapa banyak uang yang Anda mau untuk datang kepada Anda. 
Ini juga penting Anda ketahui, berapa jumlah uang yang Anda mau untuk datang kepada Anda. Ini apakah harus? Tidak juga. Anda bisa menentukan sebanyak-banyaknya uang yang datang kepada Anda dan menjadi milik Anda. Namun nanti Anda jangan mengeluh bila uang datang kepada Anda itu jumlahnya tidak sesuai seperti yang Anda mau… Bila Anda memprogram pikiran Anda “uang datang sebanyak-banyaknya kepada Anda”, itu nanti uang datang kepada Anda ya juga banyak. Tapi menurut pengalaman saya dan pengalaman para pembaca buku The Miracle rata-rata uang datangnya tidak tentu jumlahnya. Maka dari itu bila Anda mau uang datang kepada Anda itu jumlahnya sesuai seperti yang Anda mau, maka Anda harus jelas jumlahnya berapa, agar pikiran bawah sadar Anda itu paham berapa uang yang Anda mau untuk datang kepada Anda. Misal Anda mau uang datang sendiri kepada Anda itu 1 juta rupiah perhari, ini lebih jelas dan bisa di terima oleh pikiran bawah sadar Anda. Jadi disini Anda harus tentukan jika Anda mau uang datang kepada Anda itu jumlahnya sesuai yang Anda mau. 

3. Tulis kalimat sugestinya. 
“Saya memutuskan dan mengizinkan uang sebanyak 1 juta rupiah datang sendiri kepada saya setiap hari dari berbagai sumber dengan mudah cepat dan menyenangkan”. 

4. Program ulang pikiran Anda. 
Setelah Anda melakukan langkah 1, 2 dan 3 diatas, langkah selanjutnya adalah Anda dengarkan program pikiran yang muncul ketika Anda memutuskan uang sebanyak 1 juta rupiah perhari. Bila muncul program pikiran tidak selaras, maka segera program ulang langkah-langkahnya seperti di bab pemrograman pikiran. 

5. Imajinasi. 
Setelah Anda menulis sejumlah uang yang Anda mau untuk datang kepada Anda, selanjutnya Anda lakukan imajinasi sebagai penegasan pikiran bawah sadar Anda, agar pikiran bawah sadar Anda segera bekerja untuk mendatangkan uang kepada Anda. Bila Anda mau uang sebanyak-banyaknya datang kepada Anda, ya… Anda lakukan imajinasi uang datang sebanyak-banyaknya kepada Anda. 

Bila Anda mau misal uang 1 juta rupiah perhari yang datang kepada Anda, ya… Anda lakukan imajinasi uang 1 juta rupiah yang datang kepada Anda. Ini harus jelas ya, Anda bisa juga mendengarkan audio magnet uang yang saya berikan kepada Anda dan anggab saja yang bicara di audio itu diri Anda sendiri sambil berimajinasi. Dan yang perlu Anda ingat lagi bayangkan diri Anda, tubuh Anda itu seperti sebuah magnet menarik uang dari segala arah dan segala sumber. 

6. Bersyukur. 
Langkah ke 6 ini atau langkah yang terahir ini adalah Anda bersyukur seolah-olah uang yang Anda mau itu sudah Anda dapatkan atau sudah Anda miliki. Ini power full hasilnya jika Anda mau bersyukur. Mengapa? Karena bersyukur itu adalah suatu teknik memanipulasi pikiran bawah sadar yang jitu. Apa maksudnya memanipulasi pikiran bawah sadar dengan bersyukur? Begini, definisi bersyukur atau mengucap trimakasih itu adalah di saat kita sudah menerima sesuatu. 

Ketika Anda bersyukur seolah-olah Anda sudah menerima uang seperti yang Anda mau itu maka pikiran bawah sadar menganggap hal itu adalah nyata atau suatu peristiwa yang sudah terjadi. Inilah mengapa saya katakan bahwa bersyukur itu sangat power full untuk mempercepat terwujudnya semua yang Anda mau. Jadi cara bersyukur itu ada dua, yang pertama bersyukur karena sudah menerima sesuatu di dunia fisik, yang kedua bersyukur seoalah-olah sudah menerima apapun yang Anda mau di dalam imajinasi Anda. 

Faktor pendorong untuk mempercepat terwujudnya menjadi magnet uang. 
Untuk mempercepat Anda menjadi magnet uang, ada factor pendorong yang perlu Anda perhatikan lagi disini. Apa itu? Yaitu Anda harus selalu berpikir tentang KEKAYAAN dan BERKELIMPAHAN. Karena jika Anda selalu berpikir tentang kekayaan dan berkelimpahan, maka uangpun bisa mudah datang kepada Anda. Kenapa begitu? Anda buka lagi materi hukum sebab-akibat dan kinerja pikiran. “Apapun yang sering Anda pikirkan itu sama halnya Anda itu menarik apa yang Anda pikirkan itu untuk datang kepada Anda”. Jadi jika Anda selalu berpikir tentang kekayaan maka kekayaan itu datang kepada Anda. 

Cara berpikir tentang kekayaan dan berkelimpahan itu bagaimana? Pernahkah Anda pergi ke tempat belanja atau mall, dan tiba-tiba Anda menjumpai sebuah produk misal sepatu yang bagus sekali, dan Anda sangat mau sekali memiliki sepatu itu. Tapi ketika Anda tahu harga sepatu itu Anda langsung mundur karena mahal. 

Jika Anda lakukan hal itu maka Anda itu masih berpikir tentang kemiskinan bukan kekayaan dan berkelimpahan. Terus caranya bagaimana? Mudah saja… Anda pegang sepatu itu sambil Anda memberi sugesti kepada diri Anda “Secepatnya saya bisa bawa kerumah sepatu ini dengan cara mudah cepat dan menyenangkan”, atau “secepatnya saya bisa beli sepatu ini dengan mudah cepat dan menyenangkan”. 

Contoh lain: Pernahkah Anda melihat tetangga Anda atau teman Anda yang sukses di bidang keuangan, atau bisa membeli sesuatu yang saat ini Anda belum bisa membelinya? Kalau pernah apa yang Anda rasakan atau program pikiran apa yang muncul ketika melihat hal itu? Kalau Anda marah, benci, melihat kesuksesaan orang lain di bidang keuangan itu Anda juga masih berpikir tentang kemiskinan belum berpikir tentang kekayaan dan Anda membenci kekayaan, kalau benci kekayaan jangan harap kekayaan bisa datang kepada Anda. 

Terus caranya bagaimana ketika melihat kesuksesan orang lain terutama dibidang keuangan? Ya mudah juga…. Anda sugesti diri Anda “Trimaksih Tuhan… saat ini saya melihat kekayaan…ini tandanya saya juga bisa kaya dengan mudah cepat dan menyenangkan…”. Anda bisa buat kalimat sugesti diri sesuai dengan bahasa yang Anda pahami. Intinya disini Anda suka, Anda cinta, Anda senang dengan kekayaan itu bukan sebaliknya ya…. Ingat lagi hukum- sebab-akibat dan kinerja pikiran ya. 

Ada lagi program pikiran yang bisa menghambat Anda untuk menjadi magnet uang, apa itu? Anda pasti pernah mengeluarkan uang, untuk beli sesuatu atau untuk hal lain. Disaat Anda mengeluarkan uang bagaimana perasaan Anda? Kalau perasaan Anda tidak enak ketika mengeluarkan uang, itu tandanya ada program pikiran yang tidak selaras. Anda cek kenapa perasaan Anda tidak enak ketika mengeluarkan uang. Kebanyakan orang memiliki perasaan tidak enak ketika mengeluarkan uang itu adalah mereka takut uangnya habis, mereka takut uangnya berkurang, merasa tidak memiliki cukup uang. Jika ini terjadi kepada Anda juga, maka segera program ulang pikiran Anda “itu dulu ya... karena mulai sekarang dan seterusnya ketika saya mengeluarkan uang untuk apapun itu maka secara otomatis uang semakin udah dan semakin banyak datang kepada saya dari segala arah dan dari segala sumber”. 

Dan hati-hati jika Anda mendengar atau melihat sugesti di luaran seperti: “Kebahagiaan itu tidak di tentukan oleh uang”, bila Anda menjumpai sugesti seperti ini jangan di respon, abaikan saja… ini berbahaya karena sugesti ini Anda masih benci dengan uang. Jadi yang bener sugestinya bagaimana? Ini yang benar “Uang itu baik, dengan uang hidup saya semakin makmur dan bahagia”. Adalagi sugesti diluaran sana “Uang itu tidak bisa di bawa mati, jadi jangan menunpuk-numpuk harta atau uang”. Bila Anda mendengar sugesti ini maka Anda ganti sugesti ini “Memang uang tidak bisa di bawa mati, tapi dengan saya memiliki banyak uang, saya bisa menciptakan kemakmuran untuk diri saya, untuk keluarga saya, dan kemakmuran untuk orang lain”. 


PERCAYA DIRI 

Inilah langkah-langkahnya agar Anda bisa lebih percaya diri dengan mudah dan cepat:

1. Sadari bahwa Anda itu sempurna. 
Langkah pertama yang harus Anda lakukan bila Anda mau memiliki kepercayaan diri adalah dengan menyadari bahwa Anda itu sempurna, Anda itu makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dari semua makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Itulah kenapa saya memberikan materi manusia itu adalah makhluk paling sempurna di bab-bab awal buku ini, inilah tujuan saya, agar Anda memiliki kepercayaan diri yang luarbiasa. Saya percaya jika Anda mau merenungkan, Anda pasti sadar bahwa Anda itu adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna. Dengan begitu Anda secara otomatis bisa memiliki kepercayaan diri yang luarbiasa, orang lain pasti minder melihat Anda...hehehe... 

2. Puji, cintai, dan sayangi diri Anda. 
Langkah selanjutnya atau langkah ke dua ini Anda harus mau memuji, mencintai dan menyayangi diri Anda sendiri. Ini yang banyak menimbulkan kontroversi. Yang paling kontroversi dari ke tiga kata memuji, mencintai, menyayangi di luaran sana adalah kata “memuji”. Mengapa demikian? Karena pemahaman orang di luaran sana itu yang pantas di puji itu hanya Tuhan. Baik saya jabarkan disini agar Anda tidak salah paham dan tidak ikut-ikut pemahaman orang di luaran sana. 

Saya setuju bahwa yang pantas di puji itu hanya Tuhan, namun cara yang paling tepat untuk memuji Tuhan itu Anda memuji diri Anda terlebih dahulu. Dengan memuji Anda sendiri terlebih dulu itu Anda berarti sadar bahwa Anda itu sempurna, Anda sadar bahwa Anda itu ciptaaan Tuhan yang paling sempurna. Secara otomatis diri Anda mengakui kesempurnaan Tuhan, mengakui kebesaran Tuhan yang sebenarnya. Ini satu cara yang benar untuk memuji Tuhan. Mungkin saat ini Anda belum bisa menerima pemahaman ini, tapi saya percaya jika Anda terus mau merenung, maka Anda pasti bisa menerima pemahaman ini suatu saat nanti. 

Nah dari ketiga kata memuji, mencintai dan menyayangi ini Anda harus bersamaan dalam mempraktekkannya. Gimana caranya? Cukup mudah yaitu dengan mensugesti diri Anda dengan kalimat yang memuji, mencintai dan menyayangi diri Anda, seperti: 

“Saya sangat bangga kepada diri saya…. Diri saya begitu luarbiasa… sudah banyak hal yang bisa saya selesaikan dengan mudah… ini menandakan bahwa diri saya punya potensi-potensi yang begitu luarbiasa… karena itu saya bahagia… saya senang… saya sangat mencintai diri saya… dan saya saaaaangat menyayangi diri saya yang sungguh luarbiasa ini… Trimaksih Ya Tuhan atas anugrah yang menakjubkan ini… atas nikmat yang sungguh luarbiasa yang Engkau berikan kepada saya ini… Engkau Maha Sempurna Ya Tuhan dengan menciptakan saya yang begitu sempuran juga…Trimakasih Tuhan….” 

Coba Anda ucapkan pelan-pelan dan rasakan dalam hati kalimat sugesti diatas. Anda pasti bisa merasakan kepercayaan diri yang luarbiasa. 

Teknik ini masih sedikit orang yang mengetahuinya, dan masih sedikit orang yang menyadarinya bahwa memuji, mencintai, menyangi diri sendiri itu efeknya sangat power full untuk membangkitkan dan memulihkan keprcayaan diri Anda. Banyak orang di luaran sana tidak menyadari bahwa mereka lebih sering memuji, mencintai, dan menyayangi orang lain dari pada dirinya sendiri. Dampaknya adalah kepercayaan diri hilang… Coba Anda perhatikan dan baca kalimat sugesti dibawah ini: 

“Dia hebat… dia luarbiasa… dia beruntung… pantas kalau dia bisa mendapatkan apapun yang dia mau dengan mudah”. 

Ketika Anda membaca kalimat sugesti diatas apa yang Anda rasakan? Anda merasa tidak pantas, Anda merasa bahwa diri Anda kalah hebat dengan orang yang Anda puji itu, benar kan, ini sangat berbahaya, karena ini bisa membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Terus bagaimana jika Anda melihat orang yang berhasil atau orang sukses? Anda cukup merasakan kebahagiaan atas keberhasilan dan kesuksesan orang itu dan tetap santai dan tersenyum saja, lalu katakan kepada diri Anda sendiri “Dia manusia saya juga manusia… saya dan dia sama-sama makhluk Tuhan… kalau dia bisa saya juga bisa….”. Sambil berimajinasi Anda itu luarbiasa bisa sukses di segala bidang. 

Ringkasnya untuk memuji, mencintai, dan menyayangi diri Anda sendiri adalah Anda itu selalu berprasangka baik, berpikir yang baik-baik. Untuk mencintai dan menyayangi diri Anda, Anda juga bisa lakukan dengan membeli sepatu, baju, jam tangan, dan lain-lain yang bagus untuk diri Anda sendiri. Bila ada yang mengatakan kepada Anda misal “Buat apa beli jam tangan bagus dan mahal, karena orang lain itu tidak bisa tahu kalau kamu itu beli dan memakai jam tangan yang bagus dan mahal”, bila ada orang mengatakan seperti itu katakanlah kepada dia “Saya membeli dan memakai jam tangan yang bagus dan mahal ini karena saya menghargai diri saya… karena saya mencintai dan menyayangi diri saya… diri saya juga sangat cocok dan pantas dengan jam tangan yang bagus dan mahal ini…”. 

Maka dari sekarang dan seterusnya pujilah diri Anda, cintailah diri Anda, sayangilah diri Anda, dengan begitu Anda bisa mendapat kepercayaan diri yang luarbiasa. Dan dengan Anda memuji, mencintai dan menyayangi diri Anda itu sama juga Anda memuji, mencintai dan menyayangi Tuhan yang sesungguhnya. Jadi tidak heran kalau para pemuka agama dan tokoh spiritual terdahulu mengatakan “Kenali dirimu maka kamu bisa mengenali Tuhanmu”. RENUNGKAN. 

3. Syukuri setiap keberhasilan Anda. 
Maksudnya di langkah ketiga ini bagaiamana kok disuruh mensyukuri di setiap keberhasilan yang kita dapatkan? Begini, bila Anda mensyukuri atas apapun keberhasilan Anda saat ini, maka secara otomatis diri Anda pasti mengakui bahwa diri Anda itu luarbiasa dan sempurna. Gak percaya? Baca sugesti di bawah ini secara pelan-pelan dan Anda rasakan…. 

“Ya Tuhan…. trimakasih…. saya telah berhasil mendapatkan apa yang saya mau ini dengan mudah…” 

Gimana, apa yang Anda rasakan? Anda semakin percaya diri kan… 

Kalau perlu Anda catat semua keberhasilan-keberhasilan Anda. Ini bisa menciptakan program pikiran baru yang sangat bagus efeknya untuk kepercayaan diri Anda, bahwa Anda itu bisa. 

Itulah ke tiga langkah sederhana, tapi jika Anda mau menerapkannya, Anda bisa memiliki kepercayaan diri yang luarbiasa. Anda bisa hidup tanpa batas… Anda bisa menjadi seperti yang Anda mau. Seperti: berani berbicara di depan umum, berani presentasi di depan orang banyak, Anda tidak lagi minder ketemu siapa saja… Dan Anda lebih percaya diri dalam menetapkan goal-goal atau kemauan-kemauan Anda yang meskipun banyak orang menganggap bahwa semua yang Anda mau itu sangat mustahil untuk di capai. Mustahil kan dulu…. Sekarang dan seterusnya Anda punya percaya diri yang luarbiasa dan bisa mendapatkan semua yang Anda mau. 



ANDA BUKAN PIKIRAN 
Apa maksudnya ini? Ini adalah materi tambahan saja. Materi ini saya tambahkan karena sering saya bertemu orang atau sering saya mendengar orang mengatakan bahwa untuk memprogram pikiran itu sulit, untuk berubah menjadi lebih baik itu susah, seperti kalau Anda sedang galau, maka Anda tidak terasa mengikuti galau Anda sampai berkepanjangan. 

Kenapa banyak orang kesulitan keluar dari perasaan galaunya? Atau perasaan sedihnya? Karena orang di luaran sana ataupun bahkan Anda itu belum memahami bahwa galau atau sedih itu adalah cuma pikiran (pikiran bawah sadar) bukan diri Anda yang sebenarnya. Sekarang kalau pikiran atau perasaan Anda galau atau sedih, atau bahkan marah… tertawakan saja ya… karena perasaan sedih, galau, marah dan lain-lain itu BUKAN ANDA. Jadi antara pikiran dan Anda itu dua hal yang berbeda. Terus Anda atau saya itu siapa? Anda itu boss pikiran Anda, Anda itu khalifah pikiran Anda, Anda itu pemimpin pikiran Anda, dan Anda itu menajerial pikiran Anda. 

Ingat sekali lagi, bahwa pikiran itu hanya sebuah alat yang Tuhan ciptakan untuk kita. Masak boss terpengaruh oleh karyawan hehehehe…. Ini harus Anda sadari. Jika Anda sudah menyadari bahwa Anda itu bukan pikiran tapi Anda itu boss, khalifah, pemimpin, manajerial pikiran Anda maka Anda bisa dengan mudah mengontrol pikiran Anda untuk selalu berpikir yang baik-baik. Dan Anda juga bisa sangat mudah memutuskan dan memprogram ulang pikiran Anda. Karena Anda sadar bahwa Anda itu yang berkuasa penuh terhadap pikiran Anda, bukan sebaliknya lo ya, pikiran yang menguasai Anda…. Kalau sampai pikiran menguasai Anda hhhmmm, Anda bisa merasa sulit berubah, Anda sulit mengontrol pikiran Anda, Anda sangat sulit move on. 

Sekali lagi ini rahasia lo ya, Kalau Anda beritahukan ke teman Anda rahasia ini maka teman Anda bisa mudah sekali move on hehehehe 

Jadi mulai sekarang dan seterusnya katakan ini kepada diri Anda sendiri ketika diri Anda mulai di kuasai oleh pikiran Anda: 

“Saya adalah boss pikiran saya… Saya adalah khalifah pikiran saya... Saya adalah pemimpin pikiran saya…. Saya adalah manajerial pikiran saya.... Maka Saya punya kuasa untuk merubah pikiran saya…. Saya punya kuasa penuh untuk memprogram pikiran saya…. Mulai sekarang dan seterusnya pikiran saya tunduk dan patuh kepada saya… Karena saya adalah boss, khalifah, pemimpin dan manegerial pikiran saya”.
BAB6: SUGESTI
 
BAB6
SUGESTI


Apa yang terlintas di pikiran Anda bila melihat dan mendengar kata “sugesti”? Sering kali orang bilang mendengar dan melihat kata sugesti itu langsung terlintas di pikirannya bahwa sugesti itu adalah mempengaruhi untuk melakukan hal-hal buruk . Padahal kata sugesti itu berasal dari bahasa inggris “SUGGESTION” yang berarti sebuah “saran”, “Intruksi”, “nasehat”, atau “ucapan”. Jadi kata apapun, dan kalimat apapun, informasi apapun itu semua adalah sebuah sugesti. Apa sugesti itu buruk? Belum tentu. Ada teman mau kasih uang kepada Anda, apakah itu suatu hal yang buruk? Padahal teman Anda itu telah mensugesti diri Anda untuk memberikan uang kepada Anda. Baik atau buruk itu tergantung pikiran Anda.

Sugesti itu bukan saja lewat dari suatu kalimat, tapi sugesti itu juga bisa lewat dari sebuah gambar. Seperti iklan di TV, video, film, dan juga semua hal yang berbentuk gambar itu juga sebuah sugesti. Dan sugesti ini bisa masuk ke pikiran bawah sadar Anda tanpa Anda sadari yang ahirnya bisa menjadi sebuah program pikiran. Sangat beruntung jika sebuah sugesti itu baik, jika sebaliknya? Maka dari itu Anda perlu yang namanya anti virus pikiran. Lo kok seperti komputer saja? Ya, karena pikiran itu kinerjanya sama seperti komputer namun lebih dahsyat dari komputer buatan manusia manapun.

Mengontrol pikiran.
Anda bisa bayangkan jika komputer Anda tidak ada anti virusnya, apa jadinya? Program di komputer Anda pasti bisa sering mengalami masalah dan tidak bisa maksimal kinerjanya, bukan itu saja, file-file yang ada di memori komputer Anda juga bisa hilang dengan sendirinya karena adanya virus. Yang bikin gemes, virus ini kebanyakan masuknya tanpa sepengetahuan Anda. Benar kan? Untuk mengatasi hal itu tentunya Anda harus memasang atau menginstall sebuah program anti virus di komputer Anda untuk mendeteksi virus yang masuk dan membersihkannya.

Sama dengan pikiran, Anda harus menginstall juga program anti virus di pikiran Anda. Ini bertujuan mengantisipasi program-program yang tidak Anda mau masuk melalui sugesti dari dalam maupun dari luar diri.

Untuk mengaktifkan anti virus dipikiran Anda, langkah yang harus Anda lakukan adalah selalu mengontrol pikiran Anda. Di setiap saat setiap waktu, selalulah sadar dari sugesti-sugesti yang tidak menguntungkan. Dan buatlah sugesti untuk mengintall anti virus di pikiran Anda, “Mulai sekarang dan seterusnya saya memutuskan dan mengizinkan hanya hal-hal baik... hal-hal yang menyenangkan... hal-hal yang indah yang bisa masuk dan hadir di dalam kehidupan saya”.

Perhatikan dua gambar di bawah ini,

Gambar 1

Coba Anda perhatikan antara gambar 1 dan gambar 2 diatas. Gambar 1 adalah gambar kuntilanak, siapa yang membuat gambar itu? Orang Indonesia kan…. Perhatikan gambar 1, apa yang terlintas di pikiran Anda ketika melihat gambar 1 tersebut? Kusam, kotor, wajah jelek. Itu berarti gambar 1 itu mensugesti diri Anda “miskin”. 

Gambar 2

Sekarang Anda beralih ke gambar 2, itu adalah gambar drakula. Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika melihat gambar 2? Kaya, ganteng, bersih, yak kan. Itu berarti gambar tersebut mensugesti diri Anda “kaya”. Walau sama antara gambar 1 dan gambar 2 itu gambar hantu, namun memberi sugesti yang berbeda. Itulah salah satu bentuk sugesti gambar yang bisa juga mempengaruhi hidup Anda.

Yang harus Anda lakukan sekarang ketika Anda melihat gambar tidak menyenangkan, maka segera rubah gambar itu atau hapus gambar yang tidak menyenangkan itu dan segera ganti dengan gambar yang enak, yang indah, dan gambar-gambar yang menyenangkan.

Sugesti diri
Mensugesti diri sendiri itu adalah memberikan saran atau memberikan intruksi kepada diri sendiri terutama untuk pikiran Anda. Banyak orang masih belum sadar bahwa mereka masih sering melakukan segesti diri yang sangat merugikan buat dirinya, seperti:
  • Saya tidak dapat
  • Saya tidak boleh
  • Saya akan gagal
  • Saya tidak beruntung
  • Saya selalu salah
  • Bukan untuk saya
  • Saya terlalu tua
  • Saya tidak pantas
  • Saya tidak pernah berhasil
Ingat hukum sebab akibat, apa yang sering kita pikirkan, katakan, bayangkan dan rasakan itu bisa menjadi sebuah kenyataan. Jika Anda sering melakukan segesti diri sendiri seperti kata-kata diatas, apa jadinya hidup Anda? Bila saat ini hidup Anda masih sering mengalami kegagalan, kurang beruntung dan lain sebagainya, saya curiga bahwa Anda sepertinya masih sering melakukan sugesti kepada diri sendiri seperti kata-kata diatas.

Nah kalau mau hidup Anda berubah menjadi lebih baik, sekaranglah waktunya mengganti sugesti-sugesti diri yang lebih positif
  • Saya bisa
  • Saya berhasil
  • Saya beruntung
  • Saya pantas kaya
  • Saya pantas sukses
  • Saya selalu bahagia
Atau:
  • Hidup itu menyenangkan
  • Hidup itu adalah kekayaan
  • Hidup itu adalah keberuntungan
  • Hidup itu adalah anugrah
  • Hidup itu adalah kemudahan
Untuk pemilihan kata-kata sugesti yang baik setiap orang berbeda-beda. Bagi saya cocok belum tentu bagi Anda cocok. Maka Anda harus bisa memilih kalimat sugesti yang cocok, positif dan power full untuk Anda, tentunya kalimat sugesti itu harus di pahami oleh pikiran bawah sadar Anda. Karena sebagus apapun kalimat sugesti itu jika pikiran bawah sadar Anda tidak paham, maka tidak pernah di kerjakan atau dijalankan oleh pikiran bawah sadar Anda.

Baik, sekarang saya mau menunjukkan beberapa ketentuan kalimat sugesti yang positif dan power full buat Anda.

Susun kalimat sebaik mungkin.
Agar sugesti itu bisa memiliki nilai yang baik untuk diri kita dan dapat bekerja lebih maksimal, sugesti itu harus mengekspresikan apa yang kita capai dan tidak apa yang kita mau hindari atau perbaiki. Misal: “Saya tidak menderita asma”, Anda harus lebih menegaskan disini “Pernapasan saya semakin hari semakin baik”. Contoh lain: “Saya tidak mau miskin”, Anda harus pertegas menjadi “Kehidupan saya semakin hari semakin kaya”.

Perlu Anda ingat kembali bahwa pikiran bawah sadar itu reaktif, dia bereaksi tanpa memberikan alasan. Apapun yang kita sugestikan langsung di kerjakan. Bawah sadar hanya menangkap dan mengerjakan suatu ide apapun yang paling dominan. Coba Anda perhatikan “Saya tidak menderita penyakit asma”, “Saya tidak mau miskin”, bila kalimat itu Anda ucapkan dengan suara yang keras, dan di dengarkan oleh orang dari jauh maka orang lain itu hanya mendengar “Menderita penyakit asma”, dan “mau miskin”. Itulah pikiran bawah sadar Anda merekam tanpa bernegosiasi dulu seperti orang mendengar kalimat sugesti Anda dari jarak jauh itu.

Susun sugesti senyaman mungkin.
Kenapa harus menyusun kalimat sugesti senyaman mungkin? Karena ini urusannya dengan pikiran bawah sadar. Kalau tidak nyaman Anda paksakan maka yang terjadi adalah konflik diri. Misal Anda mau omset bisnis Anda semakin baik, “saya memiliki bisnis dengan omset yang baik”, jika omset bisnis Anda yang sebenarnya sekarang ini belum baik, maka bisa terjadi konflik diri. Maka Anda harus merubah segestinya seperti ini “Saya memutuskan dengan sepenuhnya mulai sekarang dan seterusnya omset bisnis saya bisa lebih baik”. Bagaimana dengan sugesti yang kedua, lebih bisa di terima kan. Jika sugesti Anda terasa nyaman, senang, dan tenang bila Anda mengucapkannya, maka sugesti Anda itu berarti di terima oleh pikiran bawah sadar Anda dan tidak terjadi konflik diri. Dengan begitu sugesti Anda bisa di kerjaan oleh pikiran bawah sadar Anda dengan sempurna.

Menyusun sugesti secara singkat
Sugesti yang terlalu panjang bisa mengakibatkan kurang berkesan oleh pikiran bawah sadar Anda, sehingga mengakibatkan sugesti itu kurang efektif. Menurut pengalaman saya selama bertahun-tahun dan juga dari pengalaman sahabat-sahabat saya sugesti yang efektif adalah sugesti yang pendek. Seperti apa sugesti pendek itu, setiap orang berbeda karena tingkat emosional orang satu dengan orang lain itu juga berbeda. Maka Anda bisa membuat sugesti pendek yang rasanya nyaman buat Anda. Misal “Hidup saya semakin hari semakin sehat, kaya, dan bahagia”.

Gunakan kata-kata yang Anda pahami
Banyak orang sering menggunakan kata-kata sugesti dari orang lain, kalau memang sugesti dari orang lain itu cocok buat Anda dan Anda paham, maka Anda boleh memakai sugesti itu. Tetapi jika sebaliknya ketika mengucapkan sugesti itu Anda malah merasa gelisah, maka Anda harus membuat kata-kata sugesti sendiri. Dan kata-kata sugesti itu Anda harus paham, karena kalau Anda sendiri tidak paham, maka sugesti sebagus apapun itu tidak pernah di jalankan oleh pikiran bawah sadar Anda. Misal: “saiki nang endi”, ini adalah bahasa jawa yang artinya “sekarang dimana”. 

Jika Anda bukan orang jawa, ya jangan menggunakan sugesti “saiki nang endi”, karena pikiran bawah sadar Anda tidak paham. Jadi dalam membuat kata-kata sugesti itu Anda harus bener-bener paham, bukan menggunakan istilah-istilah agar terlihat keren, justru Anda sendiri tidak memahaminya maka hasilnya tidak efektif dan Anda sendiri yang rugi.

Orang pertama atau orang ke dua sama saja.
Mungkin Anda sering mendengar bahwa kata-kata sugesti itu harus di mulai dengan kata “saya”, menurut saya boleh-boleh saja Anda mengawali kata-kata sugesti itu dengan kata “saya”, namun sekali lagi tingkat emosianal orang itu berbeda. Jika Anda menggunakan kata “saya” kurang cocok maka Anda bisa menggantinya dengan kata “Anda” untuk mengawali kata-kata sugesti itu. Kata “Anda” disini adalah memakai orang ke dua. Seolah-olah ada orang lain berkata kepada Anda, untuk memberi sugesti kepada Anda. Ini juga power full efeknya. Contoh: “Anda mulai sekarang dan seterusnya mempunyai kepribadian yang sangat baik”, Sambil Anda bayangkan bahwa yang mensugesti Anda itu adalah orang yang paling Anda segani (tokoh otoritas Anda).

Persamaan dan perbedaan sugesti, mantra dan doa.
Kenapa saya menulis judul seperti di atas, karena banyak orang masih belum mengerti arti sebenarnya antara sugesti, mantra dan doa. Sehingga banyak orang masih bingung apakah harus memakai kata sugesti, mantra atau doa untuk merubah program pikiran. Baik sekarang mari kita kupas bersama-sama mengenai arti yang sesungguhnya antara sugesti, mantra dan doa. Jika di lihat dari segi arti dan tujuannya kata sugesti, mantra dan doa itu memiliki arti dan tujuan yang sama, yaitu hanya sebuah saran, atau intruksi. 

Karena hanya sebuah saran atau intruksi maka Anda punya hak menerima atau menolak. Kalau berbicara perbedaan antara sugesti, mantra dan doa itu adalah: kalau istilah sugesti itu Anda dapatkan dari seorang pakar pikiran, sedangkan istilah mantra itu identik Anda dapatkan dari paranormal dan dukun, jika istilah doa itu Anda dapatkan dari seorang kiyai, ustadz, atau para pemuka agama. Namun semua itu mempunyai tujuan yang sama. Ingat sekali lagi bahwa semua itu hanya sebuah istilah.

Contoh:
“Seng lanang seng wadon, seng cilik seng gede, saiki kabeh apik karo aku”. 

Bila diartikan ke bahasa indonesia kalimat mantra diatas bisa menjadi sebuah sugesti:
“yang laki-laki dan yang perempuan, yang masih kecil dan yang sudah dewasa, sekarang semua baik kepada saya”

Bisa juga kalimat diatas diubah menjadi sebuah bentuk doa:
“Ya Tuhan, saya minta pertolonganMU, jadikalnlah semua orang baik kepada saya, entah itu laki-laki atau perempuan, yang masih kecil atau yang sudah dewasa mulai sekarang baik kepada saya”.

Coba Anda perhatikan contoh ketiga kalimat diatas baik itu mantra, sugesti dan doa, semua memiliki maksud yang sama yaitu agar semua orang itu baik kepada Anda. Namun antara ketiga kata sugesti, mantra, dan doa, hanya doa yang berbeda yaitu langsung di tujukan kepada Tuhan. 

Maka dari itu mulai sekarang jangan terkecoh lagi dengan bahasa-bahasa atau istilah-istilah menyulitkan di luaran sana. Semua membicarakan hal yang sama.
BAB7: IMAJINASI
 
BAB 7
IMAJINASI 

Seperti yang sudah saya bahas diatas mengenai iklan di TV. Inilah cara cerdas suatu perusahaan untuk membuat iklan dan di tayangkannya di TV. Iklan itu bisa ditayangkan di TV secara berulang-ulang, sehingga siapa saja yang melihatnya bahkan Anda yang melihatnya pada awalnya tidak tertarik, namun karena iklan itu terus saja di tayangkan dan Anda melihatnya terus, lama-lama Anda menjadi mengenal dan suka dengan iklan tersebut, karena Anda mulai suka dengan iklan tersebut, itu tandanya informasi iklan tersebut sudah masuk ke pikiran bawah sadar Anda sehingga menjadi sebuah program, akibatnya Anda segera mau membeli produk yang di iklankan tersebut. 

Nah disini sama, dengan Anda melakukan imajinasi atau membayangkan yang Anda mau, apapun yang Anda imajinasikan itu bisa menjadi program pikiran sehingga menjadi sebuah realita kehidupan Anda. Banyak orang yang sampai sekarang ini belum percaya sepenuhnya dengan kekuatan imajinasi ini. Padahal apapun yang dia dapatkan sekarang ini adalah hasil dari imajinasi dia di waktu lalu atau masa lalu. Masa lalu itu bisa 1 detik yang lalu, 1 jam yang lalu, 1 hari yang lalu, 1bulan yang lalu, dan bahkan 1 tahun yang lalu. 

Mungkin Anda masih menyangkal. Ah… tidak mungkin? Baik, coba sekarang Anda fokus ke satu benda yang sudah Anda miliki, misal handphone. Sebelum Anda mendapatkan atau memiliki handphone apa yang Anda lakukan? Ya bener. Pertama kali yang Anda lakukan adalah memikirkan memiliki sebuah handphone. Ketika Anda memikirkan sebuah handphone secara otomatis di pikiran Anda juga tergambar atau berimajinasi sebuah handphone, baik itu bentuknya, warnanya, merk nya, kecanggihannya. Betul kan? Dan saya tidak tahu apapun caranya handphone itu sekarang sudah menjadi milik Anda. Ini juga berlaku untuk hal yang lainnya. (ajaib).

Mungkin Anda sekarang ini sedang mengalami suatu persoalan, entah apapun persoalan Anda saya juga tidak tahu. Sekarang coba Anda rileks sejenak, amati apa yang sering Anda pikirkan dan imajinasikan? Kalau sekarang Anda mengalami berbagai persoalan hidup entah itu di bidang finansial, relasi, bisnis, keluarga, spiritual, sosial, itu berarti Anda sering memikirkan dan berimajinasi hal-hal buruk di aspek-aspek tersebut. Maka dari itu jika Anda mau kehidupan Anda selalu dalam kondisi baik-baik saja, cara nya ya Anda harus lebih sering berpikir dan berimajinasi tentang hal-hal baik saja atau tentang hal-hal yang Anda mau saja. Mudah kan. 

Apakah Anda masih mengelak, masak cuma berpikir dan berimajinasi atau membayangkan semua bisa terwujud? Memang saya akui bahwa banyak orang itu masih susah menerima kemudahan. Kenapa? Karena sejak kecil kebanyakan orang itu sudah di masuki program-program sulit baik itu dari orang tuanya, di sekolah, dan lingkungan, seperti “mendapatkan uang itu sulit”, “sukses itu harus jatuh bangun dulu”, “seorang pengusaha itu harus punya modal uang banyak”,“hidup itu susah”, dan kata mutiara-mutiara yang lain...wkwkwkwk.... 

Maka mulai sekarang berpikirlah dan berimajinasi yang mudah-mudah saja, maka semuanya pasti bisa menjadi mudah. Kalau ada yang mudah ya pilihlah yang mudah.... Kenapa saya berulang kali membahas ini? Mungkin Anda juga merasa jenuh? karena tujuan saya agar Anda tahu dan sadar bahwa semua itu berawal dari pikiran. Coba amati para politisi, artis, penemu, raksasa bisnis, dan apapun juga adalah pemimpi pertama dan besar sesalu memiliki imajinasi yang fantastik. 

"Tragedi kehidupan bukanlah kematian. Tragedi kehidupan adalah apa yang meninggal dalam diri kita sementara kita masih hidup." 

Apa maksud kutipan kalimat diatas? Banyak orang merasa dirinya hidup, tapi pada kenyataannya dia belum hidup yang sesungguhnya, belum hidup sepenuhnya. Karena dia belum sama sekali memaksimalkan pikirannya dalam berimajinasi kehidupan seperti yang dia mau. 

Satu hal yang membedakan manusia dengan hewan di planet bumi ini adalah imajinasinya. Setiap binatang dan tumbuhan memiliki kecerdasan. Tapi hanya manusia yang memiliki dan bisa berimajinasi. 

Pada waktu anak-anak, kita hidup sesaat di dunia yang penuh percaya diri. Ibarat seoarang pahlawan, tak terkalahkan dan menaklukkan segala sesuatu yang bisa kita bayangkan. Tapi saat kita tumbuh dewasa, kita seolah-olah di paksa untuk berhenti menjadi "kekanak-kanakan" yang sangat bebas dan berani dalam berimajinasi. 

Diperkirakan bahwa kebanyakan orang hanya menggunakan 10% atau kurang dari kapasitas kekuatan pikiran mereka. Dan kebanyakan orang hidup hanya sekedar hidup saja yaitu makan, kerja, tidur begitu saja. Mereka belum mengerti dan memahami maksud dan tujuan Tuhan menciptakan mereka. Apakah Anda melakukan apa yang mau Anda lakukan, atau melakukan sesuatu yang sebenarnya sama sekali tidak mau Anda lakukan? Renungkanlah ini. 

Salah satu ciri orang sukses adalah mereka sangat berani bermanuver di dalam kehidupannya. Karena mereka sadar bahwa dirinya punya potensi yang luarbiasa yang pantas untuk di maksimalkan yaitu pikirannya. Mereka selalu belajar sesuatu yang baru setiap hari dan mempraktekan di dalam kehidupannya. Mereka selalu saja mengevaluasi kekeliruan-kekeliruan yang sudah mereka perbuat. 

Anda memiliki pikiran untuk berimajinasi. Tapi apakah Anda sudah memaksimalkannya dengan baik sebagaimana tujuan Tuhan menciptakan pikiran untuk Anda? Catat ya… Imajinasi membuat Anda selalu terhubung dengan hukum sebab akibat Tuhan, dengan begini Anda secara otomatis juga bisa selalu terhubung dengan yang namanya CAHAYA ILLAHI. Dan yang Anda dapat selanjutnya adalah berbagai kemudahan dan keajaiban selalu saja bersama Anda. 

Jadikan pikiran Anda sebagai alat untuk mempermudah hidup Anda. Untuk menjalani hidup seperti yang Anda mau. Bukan sebaliknya…. Inilah hidup yang sesungguhnya… inilah hidup yang sepenuhnya hidup. 

Albert Einstein 
Siapa yang tidak tahu tentang tokoh yang satu ini, yaitu tokoh terkenal ilmuan terbesar abad 20. Teori-teori fisikanya hingga kini sangat bermanfaat bagi per-kembangan sains modern, seperti sel foto elektrik dan laser, tenaga nuklir dan serat optik, perjalanan ruang angkasa, bahkan semikonduktor. Apa yang ada di rumah kita, seperti TV, DVD, remote control, pintu otomatis itu bisa dibuat karena rumus-rumus fisika Einstein. Sejak kecil Einstein memang takjub dengan keajaiban alam. Pada usia lima tahun misalnya, ia tak henti-hentinya memandangi kompas hadiah ayahnya, yang jarumnya selalu menunjuk ke Utara, meskipun ia goyang kompas tersebut. Kelak ia tahu, itulah medan magnet. 

Einstein juga suka berimajinasi. Pada saat usia 15 tahun ia membayangkan bagaimana rasanya mengendarai cahaya. Mustahil ya? Mana ada kendaraan yang bergerak secepat cahaya. Tahukah Anda seberapa cepat cahaya? 300.000 km/detik! Tak sampai sekedipan mata, cahaya bisa mengelilingi bumi 7,5 kali! Jadi amat mustahil manusia bisa menunggangi cahaya. Tapi berkat imajinasinya itu, Einstein menemukan ilmu yang sangat indah, yaitu Teori Relativitas Umum. Salah satu pesan penting Einstein itu: beranilah berimajinasi. “Imajinasi itu lebih penting dari ilmu pengetahuan,” kata Einstein. Berkat imajinasinya menunggangi cahaya, Einstein bisa membuka rahasia alam, dan kita menikmati begitu banyak teknologi modern dari teori-teori fisikanya.

Nah seorang Einstein saja mau melakukan imajinasi, kenapa Anda tidak…. Kebanyakan orang tidak mau memakai teknik imajinasi ini karena mungkin terlalu sederhana, sehingga banyak orang mengganggap teknik ini tidak berguna. Padahal efeknya sangat-sangat dahsyat, Saya sendiripun sudah membuktikannya. Salah satu teknik imajinasi saya yang berhasil adalah saya bisa menciptakan buku ini. 

Sering sekali saya mendapat pertanyaan dari orang bahwa mereka masih terasa sulit untuk melakukan imajinasi. Setelah saya melakukan penelitian kenapa banyak orang masih terasa sulit untuk melakukan imajinasi? Jawabannya adalah karena mereka masih belum terbiasa saja, kebanyakan orang masih sering merespon keadaan buruk yang mereka alami saat ini. Misal, keadaan yang tidak punya uang, apa benar Anda saat ini tidak punya uang? Coba sekarang Anda ciptakan imajinasi atau bayangkan di pikiran Anda saat ini juga bahwa Anda punya uang banyak… seolah-olah saja… Bisakan… 

Keadaan Anda saat ini tidak punya uang itu bukan suatu keadaan yang sebenarnya bila Anda masih bisa berpikir menciptakan imajinasi memiliki bayak uang di pikiran Anda. Keadaan Anda saat ini tidak punya uang itu adalah akibat imajinasi tidak punya uang di waktu yang lalu. Jika Anda saat ini merespon atau lebih tepatnya menciptakan suatu imajinasi tidak punya uang, itu berarti sama halnya Anda mau mengulang lagi suatu kondisi yang tidak punya uang di masa depan. Rubah gambar di pikiran Anda, maka semua bisa berubah. Apapun keadaannya Anda saat ini. 

Dengan mengetahui betapa hebatnya manfaat imajinasi ini, mau kah Anda melakukannya teknik yang sederhana ini? Kalau mau baik kita bahas caranya bersama-sama disini. Oya maaf mungkin Anda bertanya, apa perbedaan imajinasi, visualisasi, dan melamun? Baik, imajinasi adalah mencipta suatu gambaran di pikiran sedangkan gambaran itu belum ada atau belum pernah terjadi. Sama seperti yang dilakukan oleh Einstein. Visualisasi adalah mengulang gambaran yang sudah ada atau yang pernah terjadi, contoh seperti Anda mungkin pernah ke pantai A. Lalu Anda membuat gambaran lagi di pikiran Anda seolah-olah Anda berada di pantai A lagi. Sedangkan melamun ini sangat berbeda dengan imajinasi dan visualisasi. Bedanya adalah Anda mencipta gambaran atau bayangan di pikiran Anda tapi tidak tentu arah tujuannya. Itulah kenapa orang melamun itu hidupnya tidak kemana-mana, karena sudah jelas bahwa ketika kita membayangkan itu sama halnya kita berdoa kepada Tuhan atau meminta kepada Tuhan. Nah kalau permintaan kita kepada Tuhan tidak jelas ya tentunya Tuhan mengabulkannya dengan sesuatu yang tidak jelas juga. 

Perhatikan imajinasi Anda 
Sekarang coba Anda rileks sejenak dan perhatikan gambaran Anda atau apa yang sering muncul di pikiran Anda. Apa itu bentuk gambaran yang positif atau justru bentuk gambaran yang sebaliknya, negatif? 

Ada banyak sahabat saya yang sudah membaca buku ini dan memperhatikan apa saja yang sering muncul gambaran di pikirannya. Ketika para sahabat saya melakukan penelitian, tidak sedikit yang terkejut atas apa yang tergambar di pikirannya. Seperti: 
  • Hidup itu susah 
  • Untuk sukses itu susah 
  • Untuk kaya itu perlu punya modal besar (materi) 
  • Saya bukan siapa-siapa 
  • Sudah takdir saya miskin 
  • Dan masih banyak lagi yang lain 
Apabila di pikiran Anda penuh dengan gambaran seperti diatas, jangan harap bisa mendapatkan hidup yang lebih baik atau sukses seperti yang Anda mau. Karena membuat gambaran itu sama halnya Anda mencipta dan meminta hal itu untuk terjadi. 

Sekarang ambil sebuah kertas kosong dan pensil, rilekskan diri Anda selama 5 menit saja untuk memperhatikan gambaran di pikiran Anda sendiri. Apa yang sering muncul Anda tuliskan di kertas. Setelah itu Anda baca apa yang Anda tulis tadi, tapi jangan terkejut ya…. 

Tidak ada kata terlamabat, jika Anda mau hidup yang lebih sehat, kaya dan bahagia, segera lakukan perubahan itu sekarang juga. Rubah gambar yang ada di pikiran Anda sekarang. Anda bisa imajinasikan dengan pikiran Anda sebuah kehidupan seperti yang Anda mau. Misal: 
  • Hidup Anda semakin sehat 
  • Hidup Anda semakin kaya 
  • Hidup Anda semakin bahagia 
  • Semua kebutuhan Anda tercukupi 
  • Anda bisa menjadi apa saja seperti yang Anda mau dalam imajinasi Anda 
  •  Dan lain sebagainya 
Ingat seringlah mencipta imajinasi seperti yang Anda mau, bukan sebaliknya. Anda tidak perlu tahu bagaimana imajinasi Anda itu terwujud menjadi sebuah kenyataan. Tugas Anda hanya mencipta gambaran di pikiran Anda. Ada sebagian orang yang sudah ahli melakukan imajinasi, karena dia sudah sering melakukannya. Tapi ada juga yang masih kesulitan untuk melakukan imajinasi ini, karena imajinasi syaratnya harus detail (jelas). Baik saya mau berikan contoh untuk melakukan imajinasi secara detail dan jelas buat Anda. 

Latihan, 
Pertama silahkan ambil sebuah gambar atau foto apa saja. Misal Anda ambil sebuah foto orang. Anda lihat foto itu dengan jelas, selanjutnya Anda pejamkan mata Anda. Kemudian gambarkan wajah orang yang ada di foto itu di pikiran Anda. Sudah jelas apa masih samar-samar di pikiran Anda? Kalau masih samar-samar, buka mata Anda kembali dan lihat lebih jelas foto orang itu. Mulai dari wajahnya, gaya rambutnya, bentuk alisnya, senyumnya, pakaiannya. Setelah itu tutup kembali mata Anda dan gambarkan wajah orang yang ada di foto itu kembali, apa sudah jelas terlihat? Kalau belum buka mata Anda dan lihat lebih jelas lagi orang yang ada di foto itu lebih detail. Begitu seterusnya sampai Anda bener-bener bisa membuat gambaran orang yang ada di foto itu dengan jelas dan detail di pikiran Anda. Itulah cara malakukan imajinasi yang sempurna. 

Dibawah Ini adalah contoh sugesti imajinasi misal Anda sekarang ini mau memiliki sebuah mobil idaman. Caranya tetap sama Anda ambil gambar mobil idaman Anda yang detail, Anda lihat gambar itu dengan detail juga dalam kondisi rileks tentunya. Atau yang lebih bagus Anda datang ke dealer mobil dan cari mobil idaman Anda di sana. Anda pegang mobilnya, Anda lihat warnya cat nya, Anda buka pintu dan masuk ke dalam mobil. Tujuannya adalah agar Anda bener-bener bisa merasakan dengan sesungguhnya. Dan ini adalah bahan imajinasi yang sangat Power Full. 

Baca kalimat sugesti ini di dalam hati. 
“Sekarang…. saya mau memuculkan gambar mobil idaman saya…. Dalam hitungan ke 3 saya bisa memunculkan gambar mobil idaman saya dengan jelas dan lebih nyata… Satu…mobil idaman saya muncul di pikiran saya… dua…. Mobil idaman saya mulai muncul di pikiran saya lebih jelas… perlahan lahan semakin jelas dengan merk (sebut merk mobil nya)… warna mobilnya (sebutkan warna cat mobilnya)… warna jok kursinya (sebut warna jok kursinya)… warna interior (sebut warna interior mobinya)… Dan tiga…. Sekarang saya bisa melihat bentuk mobil idaman saya dengan jelas dan sangat jelas di pikiran saya…. (Tarik napas melalui hidung pelan-pelan…. lepaskan lewat mulut…. Semakin menarik napas Anda lihat gambaran mobil idaman itu semakin jelas di pikiran Anda…)” 

Kemudian teruskan imajinasi Anda, Anda membuka pintu mobil idaman Anda, Anda masuk ke dalam mobil Anda, dan seterusnya…
BAB8: NETRALITAS
 
BAB8 
NETRALITAS 
Pembaca yang baik, pada dasarnya semua benda, kejadian, peristiwa di alam semesta ini adalah “Netral”. Apa maksudnya? Semua kejadian yang di alami manusia tidak punya kemampuan menciptakan rasa untuk kejadian itu sendiri. Manusialah yang di beri pikiran oleh Tuhan berperan untuk memberi rasa dari setiap kejadian tersebut. Entah itu rasa sedih, kecewa, malu, sakit hati, putus asa, cemas, kawatir, susah, senang, bahagia, bersyukur, miskin, kaya. Semua rasa itu manusialah yang menciptakannya. 

Contoh sederhananya, ketika Anda menyatakan cinta kepada seorang cewek atau cowok, tetapi cinta Anda di tolak. Apa yang Anda rasakan? Sedih, kecewa, marah atau biasa-biasa saja, atau tetap santai? Anda berhak memberi rasa itu. Jika Anda memutuskan kecewa, siapa yang memberi rasa kecewa itu? Anda sendiri kan… dan ketika Anda memutuskan biasa-biasa saja, tetap santai, siapa yang memberi rasa itu? Tetap Anda sendiri kan…. 

Sama halnya jika Anda di hina orang, atau di marahi orang, apa yang Anda rasakan? Sedih, kecewa, marah, jengkel? Atau malah Anda tersenyum? Anda sendirilah yang berkuasa memberi rasa itu. 

Contoh lagi bahwa semua itu adalah netral, Anda suka buah durian? Jika Anda suka dengan buah durian itu Anda berarti telah memberi rasa suka dan enak pada buah durian. Apakah rasa suka dan enak Anda dengan buah durian itu benar? Ya benar, tapi rasa suka dan enak itu benar buat Anda sendiri bukan untuk orang lain, karena ada juga orang yang tidak suka dengan buah durian, seperti om saya yang sangat tidak suka dengan buah durian. 

Saya ibaratkan netral ini seperti air putih di dalam gelas. Air putih itu rasanya biasa-biasa saja atau tidak ada rasanya, tetapi ketika air putih itu Anda campur dengan gula pasti rasanya menjadi manis. Jika air putih itu Anda campur dengan garam, pasti rasanya asin. Bisa juga air putih itu rasanya pahit jika Anda campur dengan bahan yang rasa pahit. 

Kehidupan ini pun juga sama, terserah Anda mau memberi rasa apa tentang kehidupan ini. Susah, berat, ringat, mudah, anugrah, kekayaan atau rasa-rasa yang lain itu mutlak hak Anda. Kalau memang hidup ini susah, berarti tidak ada orang di dunia ini yang hidupnya menyenangkan dan selalu beruntung. Berarti anggapan atau rasa Anda mengenai hidup ini susah itu benar menurut Anda sendiri dan tidak benar untuk orang lain. Saya ingatkan sekali lagi, apapun anggapan Anda tentang hidup ini, itu langsung di respon oleh hukum sebab-akibat lo. Coba perhatikan gambar atau wajah orang yang sedang marah di bawah ini: 


Ketika Anda sedang di marahi orang kurang lebih wajah orang yang memarahi Anda itu seperti diatas, gak enak di lihat ya, dan perasaan Anda pun tidak enak ketika melihat gambar orang marah diatas. 

Tapi coba Anda rubah gambar diatas itu seperti di bawah ini.... 

Setelah Anda merubah gambar atau wajah orang yang sedang marah di pikiran Anda menjadi tersenyum maka secara otomatis perasaan Anda beda yaitu rasanya enak dan rasanya mau tersenyum juga, ya kan... inilah bukti bahwa semua itu netral. 

Jadi untuk merubah rasa di pikiran Anda itu sangat mudah dan cepat. Tinggal merubah gambar atau imajinasi Anda maka saat itu juga rasa atau emosi di pikiran Anda ikut berubah. Jika sudah seperti itu kehidupan Anda pun ikut berubah.
BAB9: MODUL THE MIRACLE
 


BAB9 
MODUL THE MIRACLE

Ketika Anda mau berangkat ke suatu tempat, pasti Anda mempersiapkan langkah-langkahnya atau strategi agar tiba di suatu tempat tersebut bisa dengan aman cepat mudah dan menyenangkan. Sama dengan Anda ketika mau menciptakan hidup yang serba ajaib. Anda perlu langkah-langkah jitu agar juga keajaiban selalu mendatangi Anda dengan mudah cepat dan menyenangkan. Langkah-langkah tersebut saya bagi menjadi beberapa modul praktis yang bisa Anda praktekkan. Modul-modul ini adalah hasil dari pengalaman saya selama bertahun-tahun dalam mencipta keajaiban dalam hidup saya. Jadi Anda tidak usah kawatir atau bimbang, karena modul-modul ini sudah teruji kedahsyatannya.

1. PERJELAS APA YANG ANDA MAU 
Langkah pertama ini adalah perjelas apa yang Anda mau, yang saya maksud perjelas apa yang Anda mau disini adalah silahkan Anda tulis semua hal yang Anda mau di atas kertas atau Anda siapkan buku kusus untuk menulis semua hal yang Anda mau. Kenapa harus di tulis? Sebenarnya tidak harus di tulis, hanya saja jika Anda menulis semua hal yang Anda mau, maka Anda itu menyatukan semua energi yang ada di dalam diri Anda, baik energi pikiran, tubuh fisik dan energi Anda sendiri sebagai boss pikiran dan tubuh Anda. Ini benar-benar dahsyat efeknya. Ibarat perusahaan antara boss, karyawan dan elemen-elemen yang terkait lainnya bersatu saling bekerja sama. Bisa di pastikan jika semua bersatu dan bekerja sama maka hasilnya sangat dahsyat. 

Oke, sekarang Anda tulis semua hal yang Anda mau, oya sebelum Anda menulis semua hal yang Anda mau itu, terlebih dahaulu Anda mensugesti buku yang sudah Anda pesiapkan untuk menulis semua hal yang Anda mau itu, agar buku itu berubah menjadi buku ajaib yaitu semua hal yang Anda mau itu bisa terwujud dengan begitu mudah. Sugestinya sambil Anda pegang buku itu “Saya memutuskan dan mengizinkan dengan sepenuhnya semua hal yang saya tulis di dalam buku ini bisa terwujud dengan begitu mudah cepat dan menyenangkan”. Lalu mulailah menulis apa yang Anda mau itu. 

Misalnya, 

Anda mau memiliki uang 50 juta rupiah, perjelas apa tujuan Anda mau memiliki uang 50 juta rupiah ini. Misal tujuan Anda mau memiliki uang 50 juta rupiah ini untuk membeli baju, sepatu, jam tangan, motor, membahagiakan keluarga, untuk menunjukan kepada orang lain bahwa Anda itu bisa memiliki uang 50 juta rupiah dan lain-lain, ini harus jelas ya... Anda harus jujur tidak usah di tutup-tutupi, jika Anda tidak jujur dengan tujuan kemauan Anda ini bisa menciptakan program pikiran yang tidak selaras alias terjadi konflik diri. Kemudian susun kalimat sugestinya: 

“Saya memutuskan dan mengizinkan diri saya dengan sepenuhnya untuk bisa memiliki uang 50 juta rupiah dengan lebih mudah lebih cepat dan juga lebih menyenangkan… karena dengan memiliki uang 50 juta rupiah saya bisa membeli tas, baju, jam tangan, dan sepatu.” 

Selanjutnya Anda lakukan imajinasi sambil merasakan bahwa Anda sudah memiliki uang 50 juta rupiah dan menggunakan uang 50 juta rupiah itu untuk membeli atau untuk mendapatkan apa yang Anda mau. Kalau 50 juta rupiah itu untuk membeli motor ya Anda berimajinasi dan merasakan membeli motor seperti yang Anda mau, dan lain-lain. 

Jika Anda memiliki permintaan yang lain, caranya sama yaitu tinggal ganti objek uang yang berada di kelimat sugesti diatas. 

2. DENGARKAN PROGRAM PIKIRAN ANDA. 
Banyak orang mau berubah, namun mereka tidak tahu caranya untuk berubah. Nah di modul yang kedua ini untuk bisa mendapatkan perubahan yang cepat adalah Anda mendengarkan program-program pikiran yang muncul ketika Anda menulis sugesti kemauan Anda. 

Misal ketika Anda menuliskan sebuah kalimat sugesti memiliki uang 50 juta rupiah, tiba-tiba seperti ada yang berbisik kepada Anda “Ah mana mungkin”, “Ah mustahil ini bisa terjadi”, “Bagaimana caranya”, dan lain-lain... bisikan-bisikan ini adalah sebuah program pikiran yang tidak selaras. Kenapa bisa muncul program pikiran itu? Karena ada program pikiran yang sudah terinstall di pikiran Anda. Jika muncul program pikiran yang tidak selaras seperti diatas, maka segera program ulang pikiran itu. Untuk lebih jelasnya mengenai modul ke dua ini Anda bisa membuka lagi bab “Pemrograman Pikiran”. 

3. BERDOA 
Modul yang ke 3 ini atau modul berdoa ini Anda itu meminta kepada Tuhan yang Maha Memberi dan Maha mengabulkan doa, atau Anda itu meminta kepada BOSS BESAR langsung setelah semua program-program pikiran Anda beres atau selaras. 

“Ya Tuhan….aku percaya Engkau adalah Tuhan yang Maha baik dan Maha Kaya…. Engkau maha memudahkan… Engkau Maha pengasih dan penyayang…. dan hanya Engkaulah Tuhan yang Maha memberi Petunjuk…. aku sadar bahwa apapun yang aku dapatkan itu adalah hasil permintaan ku sendiri…. dan Engkau sudah mengabulkan semuanya…. trimaksih Tuhan…. 

Tuhan ku yang Maha baik…. Permudahlah aliran uang dari segala arah dan dari segala sumber kepada ku sehingga aku bisa mendapatkan uang 50 juta rupiah dengan mudah cepat dan meyenangkan.... 

Tuhan yang Maha berkuasa….aku percaya Engkau Tuhan yang Maha mengabulkan doa kepada siapa saja yang mau berdoa kepada-MU... Segala puji bagi-MU Tuhan semesta alam…. Trimaksih Ya Tuhan….”. 

Tetap dalam kondisi hypnosis atau tenang (khusu’) setelah itu ucapkan kalimat doanya seperti contoh diatas dengan segenap perasaan Anda, sambil berimajinasi dan merasakan bahwa doa Anda itu sudah terwujud, jangan membayangkan caranya, tapi imajinasilah dan rasakan hasil ahirnya saja, karena Anda sudah menyerahkan semua permintaan Anda kepada Tuhan. Jadi percayakan semua caranya dan jalannya untuk mendapatkan apa yang Anda mau itu kepada Tuhan. Karena Tuhan punya cara dan jalan yang sangat misterius untuk mewujudkan semua kemauan Anda melalui hukum sebab-akibat dan pikiran Anda. 

Terahir ucapkan TRIMAKASIH kepada Tuhan. Kenapa mengucapkan trimaksih kepada Tuhan? Karena jika Anda mengucapkan kata trimakasih dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan, ini sama halnya bahwa Anda itu percaya bahwa doa Anda itu pasti dikabulkan oleh Tuhan. Dan kata trimakasih ini untuk memanipulasi pikiran bawah sadar Anda bahwa soalah-olah kemauan Anda itu sudah terwujud. 

Pikiran bawah sadar Anda itu tidak mengerti atau tidak tahu itu nyata dan tidaknya, yang penting apapun yang Anda bayangkan dan rasakan itu di anggap nyata atau sudah terjadi oleh pikiran bawah sadar. Ini yang harus Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tolong dicatat lagi ya…. ini teknik sederhana tapi efeknya MUANTAB!!! 

4. BERSENANG-SENANG. 
Bersenang-senang disini yang saya maksud adalah lupakan semua yang Anda itu, percayakan sepenuhnya semua yang Anda mau itu kepada Tuhan yang telah menciptakan hukum sebab-akibat. Biarkan hukum Tuhan dan pikiran Anda ini bekerja sebagaimana mestinya untuk mendatangkan semua hal yang Anda mau. 

Selanjutnya jalani hidup Anda dengan bersenang-senang, bahagia dan bersyukur. Kenapa harus bersenang-senang atau bahagia dan bersyukur? Semua di alam semesta ini bisa bertemu, bisa bersatu karena memiliki frekuensi yang sama. Anda tidak bisa mendengarkan acara di radio 9,9FM kalau Anda tidak menempatkan tuning radio Anda tepat di 9,9FM. Anda bisa menyaksikan channel TV A jika Anda memutar channel TV A. Sama seperti semua hal yang Anda mau, semua yang Anda mau apabila terwujud bagaimana perasaan Anda? Pasti senang dan bahagia kan… Nah karena yang Anda mau itu berada di frekuensi senang dan bahagia, maka Anda harus menyamakan frekuensi yang Anda mau itu. Yaitu selalu senang dan bahagia agar yang Anda mau itu cepat terwujud. 

Dan kenapa mesti bersyukur? Sudah banyak artikel, buku, video, audio, pelatihan, seminar, membahas tentang kedahsyatan bersyukur. Seperti firman Tuhan di bawah ini: 

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”. (QS.Ibrahim 14:7) 

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada luqman, yaitu bersyukurlah kepada Alloh, dan barang siapa yang bersyukur (kepada Alloh), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri, dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Alloh Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. (QS. Luqman 13:12). 

Dari firman Tuhan diatas sudah jelas mengisyaratkan kepada kita bahwa kalau kita bersyukur maka Tuhan menambah kenikmatan untuk kita. 

Mungkin Anda berkata “Ah saya sudah bersyukur tapi hidup saya kok masih gini-gini aja”. Kalau Anda mengatakan seperti itu, tandanya Anda itu belum bersyukur, tapi Anda itu mengeluh. Bila di lihat dari hukum sebab-akibat dan kinerja pikiran Firman Tuhan diatas sudah sangat selaras sekali, ketika pikiran kita di sibukkan dengan berpikir hal-hal yang kita syukuri maka pikiran bekerja mendatangkan lebih banyak lagi hal-hal yang kita bisa syukuri. Berlaku juga sebaliknya ketika pikiran kita di sibukkan dengan mengeluh, maka pikiran bekerja mendatangkan hal-hal yang kita keluhkan. 

Stop mengeluh, gantilah dengan “BERSYUKUR”. Apapun yang Anda alami saat ini pasti ada sisi baiknya, carilah sisi baik itu lalu bersyukurlah, hidup Anda pasti berubah secara ajaib. Sebagai latihan bersyukur, sekarang tuliskan semua hal yang telah Anda miliki, apapun itu lalu bersyukurlah. Minimal Anda membiasakan bersyukur ketika bangun di pagi hari dan malam sebelum tidur. 

Bersyukur ini sangat power full untuk mempercepat terwujudnya semua yang Anda mau. Saya sudah mempraktekkan bersyukur. Saya bisa pastikan dengan bersyukur adalah salah satu teknik untuk mempercepat terwujudnya semua hal yang Anda mau. Seperti untuk mendapatkan kekayaan, berkelimpahan, dan keajaiban di dalam kehidupan dengan mudah dan AJAIB. 

Orang merasa tidak ada yang pantas di syukuri karena dia selama ini kebanyakan fokus dengan hal-hal yang negatif (mengeluh). Kesehatan, menerima kabar baik, berapapun uang yang Anda miliki, punya hubungan baik dengan orang lain, punya pekerjaan, dan Anda yang pengangguran pun layak Anda bersyukur, karena Anda punya banyak waktu untuk melakukan banyak hal. Mulailah bersyukur dengan hal-hal kecil dulu. Karena hal kecil itu bisa menjadi besar kalau Anda mau mensyukurinya. Buktikan! 

Dan cara bersyukur disini bisa Anda lakukan bukan hanya mengucap kata “syukur” atau “trimakasih” saja, berbagi kebaikan, memaksimalkan pikiran dengan berpikir yang baik-baik ini juga termasuk Anda bersyukur. Sederhana kan bersyukur itu, karena sederhana dan mudah inilah banyak orang tidak percaya kalau bersyukur itu bisa membuka pintu rejeki, bisa membuka pintu kesuksesan dan bisa membuat hidup semakin berlimpah dan ajaib. Anda tidak perlu percaya apa yang saya katakan, tapi coba baca lagi ayat Tuhan diatas dan renungkan. Dan ayat Tuhan diatas sudah sejalan atau selaras dengan hukum sebab-akibat. 

Sekarang Anda merenung sejenak, apa saja yang rasanya sulit buat Anda, apa Anda merasa kesulitan tentang uang, kalau Anda merasa kesulitan tentang uang maka waktunya sekarang juga Anda bersyukur tentang uang. Caranya bersyukur tentang uang adalah Anda bisa membayangkan (visualisasi) dan merasakan peristiwa di masa lalu ketika Anda menerima uang dari siapapun, entah itu untuk membayar biaya sekolah Anda atau yang lainnya, berapapun jumlah uang yang sudah pernah Anda terima lalu ucapkan “TRIMAKSIH”. 

Agar Anda bisa merasakan syukur dengan sungguh-sungguh dan menggugah perasaan Anda, carilah suatu manfaat besar dari setiap kejadian yang pernah Anda alami dan carilah manfaat yang besar juga dari semua benda atau barang yang sudah Anda miliki saat ini. Misal handphone, semenjak Anda punya handphone manfaat besar apa yang sudah Anda dapatkan ketika Anda memiliki handphone? Kalau perlu tulis semua manfaat ketika Anda memiliki handphone. Dengan mengetahui banyaknya manfaat memiliki handphone, maka Anda bisa bersukur dengan sungguh-sungguh. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel